Show Widget

Pernik yang terdapat di sidebar (kolom di bagian kanan atau kiri tampilan blog Anda) pada umumnya merupakan widget. Mulai dari kategori (Categories), arsip (Archive), kolom pencarian (Search), tag, dan lain-lain adalah widget. WordPress memiliki banyak widget dapat Anda pilih untuk Anda tampilkan.

Widget menambah fungsi tertentu pada website. Berikut tutorial menampilkan widget Links pada halaman website. (Widget Links menampilkan tautan (link) ke website lainnya.)

  • Klik [Widgets] pada [Appearance].

Appearance widget

  • Pada [Available Widgets] klik [Add] pada widget Links.

    widget lnks

  • Kini widget Links berpindah ke sebelah kanan (Current Widgets). Klik [Save Changes] dan kemudian klik [Edit] pada widget tersebut. Ternyata widget ini tidak punya opsi. Klik [Remove] bila Anda tidak memerlukan widget ini. Klik [Save Changes] setiap Anda selesai melaksanakan perubahan.

    widget link 3

  • Contoh lain pengelolaan widget misalnya Text. Anda dapat membubuhkan teks pada sidebar melalui widget ini. Klik [Add] pada widget ini. Klik [Save Changes] lalu klik [Edit]. Ketikkan judul di kolom judul dan ketikkan teks di bawahnya. Setelah selesai klik [Done] dan [Save Changes].

    widget TEXT

  • Berikut contoh tampilan widget Text di sidebar di halaman blog.

hasil widget

Category:  
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response.
0 Responses