OS Linux Kena Virus ?

Sebenernya pertanyaan ini udah basi sih, tapi ga ada salahnya kan di angkat lagi jadi bahan pembicaraan. hehe :) Sesuai judul, memang benar bagi pengguna OS yang berbasis *NIX tidak perlu menggunakan antivirus, tetapi pernahkah Anda melihat dari sudut pandang penggunaan OS *NIX untuk sebuah data center / dedicated hosting ?

Kalau menurut sudut pandang tersebut, pastilah sebuah kinerja AntiVirus sangat diperlukan untuk mendeteksi file yang di kirimkan oleh user ke server. Dalam contoh kasus paling mudah adalah, saya mempunyai sebuah server yang berbasiskan Ubuntu Hardy Heron 8.04 Server difungsikan sebagai Gateway, SQUID Server, Samba Server, FTP Server dan Web Server.

Dalam kasus saya ini, client termasuk saya saya sebagian besar menggunakan OS Windows. Dan sebagian dari mereka (atau saya juga?) tidak memiliki kepekaan untuk memperbaharui database AntiVirus di PC mereka masing-masing. Jadi, ada beberapa file ber-virus yang pastinya akan ikut terkirim ke File Server saya, karena mereka teledor untuk meng-update antivirusnya.

Lalu apakah yang terjadi dengan server saya ? Server saya masih berjalan normal dan hampir tidak ada masalah. Tetapi, masalah muncul kemudian saat teman saya melakukan instalasi ulang dan ingin mengambil data yang telah disimpan di server tersebut. Apakah yang akan terjadi ? Saat dia sedang mengambil file-nya, virus yang ditaruh oleh teman saya yang lain ikut masuk saat transfer data terjadi. Dan ? Whooops.. Apa yang terjadi, terjadilah ! :D

Karena server saya tidak ter-install antivirus, maka file yang masuk dan keluar tidak akan terpantau sama sekali. Apa pun file yang masuk, ya itulah adanya :) Sedikit banyak antivirus pastilah membantu penggunannya untuk merasa aman, walaupun tidak 100% dapat aman dari gangguan virus.

Itu dilihat dari sisi FIle Server, lalu bagaimana dengan Hosting ? Kalau ini tergantung config sang empu-nya server, bisa di kasih bisa tidak. Tetapi kalau dari pengalaman saya, memang minimal lebih baik ter-install antivirus di dalamnya untuk mencegah hal yang tidak di inginkan. :)

Jadi apa pun OS nya, tetaplah Anda menggunakan antivirus yang bisa terinstall dan berjalan pada OS Anda. Mau MAC, *NIX, Windows, atau apa pun, antivirus itu perlu untuk berjaga-jaga :). Demikian tulisan saya, semoga bermanfaat bagi Anda pemilik warnet yang mempunyai 1 PC Server digunakan untuk File Share client Anda. :D Mohon maaf kalau ada kesalahan kata, kurang lebihnya terima kasih.

Category:  
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response.
0 Responses