Import blogspot ke hosting & domain sendiri

Blogspot, salah satu layanan dari google corp. yang menyediakan ‘kapling’ untuk membuat blog. Bagi anda para blogger, tentunya akan sangat mengenal layanan ini. Dimana kita diberikan kesempatan untuk membuat sebuah blog, nantinya blog kita tersebut akan bisa diakses melalui http://namakita.blogspot.com. Dalam perkembangannya lebih lanjut, blogspot saat ini memberikan kesempatan lebih kepada kita, untuk bisa mengakses blog kita tersebut dengan menggunakan nama domain kita. Image blog kita akan sedikit lebih ‘mentereng’ apabila kita memberikan url blog kita kepada teman/relasi dengan sebuah nama domain , dan bukan berupa url asli blogspot. ;)

Pertama, yang anda butuhkan adalah sebuah nama domain dan sebuah account hosting atas nama domain tsb. IDwebhost menyediakan pembelian domain dan hosting tersebut.
Beberapa alasan yang mungkin ada, kenapa harus import dari blogspot a.l :

  1. Blog yang kita buat di blogspot sudah terlanjur ‘patent’ dan sudah dikenal banyak relasi kita.
  2. Kurang menguasai tehnik pembuatan blog independen.
  3. ( Sedikit ) malas untuk membuat/memposting ulang sekian banyak postingan yg sudah kita buat sebelumnya di blogspot. ;)

Karena sifatnya nanti hanyalah import postingan kita di blogspot dan bukan instalasi utuh sebuh blog di account hosting, editing/update lebih lanjut blog anda, masih tetap harus anda lakukan dari panel asli blogspot, kemudian lakukan Republish setiap selesai mengupdate/memposting artikel baru.
Untuk paket hosting yang dibutuhkan, mungkin anda bisa memulainya dengan membeli domain dan paket hosting idBasic terlebih dahulu di IDwebhost *)

*) Pemilihan paket hosting ini nantinya relatif, tergantung besar/kecilnya content blog anda, atau kebutuhan space anda selain untuk blog, untuk email misalnya. Untuk starting point, biasanya paket hosting idBasic di idwebhost sudah mencukupi untuk tahap awal importing blogspot kita.

Langkah-langkahnya adalah sbb :

1. Lakukan pembelian domain+hosting di IDwebhost.
Setelah account anda aktif, nantinya anda mendapat login cpanel dan FTP yang akan berguna untuk mengimport blogspot anda nantinya. Sebagai contoh disini kita gunakan misalnya spotblog.id.or.id dengan account hostingnya.

account_hosting

2. Login ke account blogspot anda.
Sebagai contoh, disini adalah blog dengan url http://r66artwork.blogspot.com

blogspot_ori

blogspot_login

3. Kemudian pilih menu Setting (1) > Publishing ( 2 ) > FTP (3)

blogspot_menuawal

4. Selanjutnya akan muncul halaman seperti terlihat dalam gambar berikut, lalu isikan berturut-turut :

(1) Ftp server, adalah nama domain anda, misalnya dalam contoh spotblog.id.or.id;
(2) Blog Url, adalah livesite atau url blog anda nantinya;
(3) FTP path, adalah path directory tempat anda menaruh blog anda di account hosting, apabila anda menaruhnya langsung di root/public_html anda, isikan /public_html/ , apabila anda menaruh di dalam subfolder di bawah root/public_html, isikan /public_html/namasubfolder/;
(4) Blog file name, isikan index.html atau index.php
(5) Feed filename, isikan default seperti contoh, misal : atom.xml
(6) FTP username dan (7) FTP password, adalah login FTP yang sebelumnya diberikan oleh perush hosting anda ketika mengaktifkan account hosting.
Kemudian Save Setting.

blogspot_setup

Lalu akan muncul Settings Were Saved Successfully ‘ klik ‘ Republish Now

Proses importing akan berlangsung… ‘ Publishing file to your blog …

Setelah selesai akan muncul ‘ Your blog published succesfully

Silahkan coba akses blog anda dengan nama domain anda. Misal dalam contoh adalah http://route-66.co.cc

Selamat mencoba!

Tips :
Pastikan setiap selesai melakukan perubahan yg anda lakukan tehadap blog anda, baik content, maupun theme, klik ‘Republish Now’ agar content blog di hosting anda ikut terupdate.

Category:  
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response.
0 Responses