Membuat halaman login Squirellmail

Seperti yang kita ketahui, bahwa akses email di hosting bisa dilakukan baik melalui Mail Client semacam Outlook Express, dsb maupun melalui webmail. Namun sering ada pertanyaan, bagaimana cara mengakses email lewat webmail tanpa melalui / login ke cPanel terlebih dahulu ?
Untuk menjawab pertanyaan diatas, bahwa akses email lewat Webmail TIDAK HARUS lewat/login dulu ke cPanel anda. Anda bisa mengakses webmail anda dengan url http://namadomainanda/webmail. Dari link tersebut, akan keluar popup login untuk memasukkan username dan password yang sebelumnya anda buat account emailnya dari cpanel. Setelah anda login, akan keluar 2 opsi untuk mengakses email melalui aplikasi Horde atau Squirellmail.
Default webmail diatas akan dilarikan ke port 2095 yang menjadi default port akses webmail anda, masalah baru timbul, ketika ternyata ada beberapa layanan koneksi internet ( ISP ) yang memblok port 2095 tsb, ataupun blocking terjadi di lokal network pengakses ( biasanya di kantor/instansi, dan hal ini adalah hak / wewenang admin terkait ).

Bagaimana mengatasi hal ini ?

Satu tips untuk solusi permasalahan diatas adalah membuat halaman login sendiri dengan default aplikasi webmail Squirellmail (port 80 ). Bagaimana cara membuatnya ?

Berikut langkah-langkahnya :

1. Download aplikasi squirellmail disini

2. Upload ke dalam public_html hosting anda

3. Ekstrak file tsb, kemudian rename nama foldernya menjadi nama yang mudah anda ingat, misalnya email.

Note: anda bisa me-renamenya menjadi nama tertentu, kemudian buat subdomainnya. Misal: rename menjadi email, kemudian anda buat subdomain email ( otomatis akan mengarah ke folder tsb ), supaya anda bisa mengaksesnya nanti dengan http://email.namadomainanda.
Selanjutnya buat 2 buah folder baru di dalam folder squirellmail anda, masing-masing beri nama smdata dan attach, rubah permissionnya 777 untuk smdata dan 733 untuk attach, smdata digunakan untuk temp folder ketika melakukan pengiriman email, sedangkan attach sebagai temp folder attachment email anda.

5. Berikutnya adalah melakukan setup halaman login squirellmail anda, masuk ke folder config dari squirellmail anda, edit file config_default.php

Di line 487, pada bagian $data_dir = ‘/var/local/squirrelmail/data/’; ganti menjadi $data_dir = ‘/home/usercpanel/public_html/foldersquirell/smdata’;

Di line 505, pada bagian $attachment_dir ganti value nya menjadi ‘/home/usercpanel/public_html/foldersquirell/attach’;

Setelah itu save file tsb menjadi config.php, lalu coba akses halaman test squirellmail anda. Apabila sebelumnya anda telah membuat subdomain email, coba akses dengan http://email.namadomain/src/configtest.php , lihat apakah ada error disana.

Error yang terjadi biasanya adalah ketidaksesuaian configurasi php server anda untuk :

magic_quotes_runtime = Off
magic_quotes_gpc = Off
magic_quotes_sybase = Off

Error ini bisa diakali dengan membuatkan satu file .htaccess di folder squirell anda, lalu isikan :

php_flag magic_quotes_gpc off

Note: contoh diatas adalah flag tambahan untuk default server IDwebhost.

Setelah itu coba akses kembali configtest.php anda, apabila sudah tidak ada error, squirellmail anda sudah siap digunakan.

Selamat mencoba.

Category:  
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response.
0 Responses