Mengendalikan Robots google

Pada artikel sebelumnya tentang robots.txt (File robots.txt, Pengetahuan Dasar robots.txt) dijelaskan bahwa untuk mengatur atau mengendalikan robot dari mesin pencari atau search engine menggunakan file robots.txt yang diletakkan dalam root direktori. Pada artikel ini akan saya jelaskan bahwa disamping dengan menggunakan file robots.txt dapat digunakan pula dengan meta tag yang ada pada halaman web. Mengendalikan robot mesin pencari dengan Meta Tag hanya khusus digunakan untuk mengatur suatu halaman tersebut agar terindex atau tidak terindex di mesin pencari dan penambahan atribut follow atau nofollow.

Format robots dalam Meta Tag

Meta Robots diletakkan diantara tag dan dengan menggunakan atribut NAME dan CONTENT. Untuk atribut “NAME” harus diisi dengan “ROBOTS” sedangkan atribut “CONTENT” diisi dengan kombinasi antara “INDEX“, “NOINDEX” dengan “FOLLOW” dan “NOFOLLOW“. Secara default suatu halaman web yang jika kita tidak mengatur robot dari mesin pencari baik lewat file robots.txt maupun meta tag, atribut CONTENT akan bernilai INDEX dan FOLLOW. Jadi kombinasi robots di Meta Tag hanya tinggal 3, yaitu:



Nilai “INDEX” berarti agar halaman tersebut dapat terindex oleh mesin pencari sedangkan “NOINDEX” berarti agar halaman tersebut tidak terindex dalam mesin pencari.

Untuk Nilai “FOLLOW” berarti link halaman tersebut akan diperhitungkan dan “NOFOLLOW” berlaku sebaliknya. Pemberian atribut “FOLLOW” dan “NOFOLLOW” yang tepat dapat meningkatkan PageRank pada website. Untuk memahami perhitungan PageRank, Baca artikel Seri Tutorial PageRank di website ini.

Contoh format penulisan robots di Meta Tag:


...

Selamat Mencoba :)

Category: ,  
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response.
0 Responses