Format Sitemaps XML

Artikel ini hanya untuk memahami lebih jauh tentang protokol file sitemap dan mengerti fungsi dari masing-masing tag pada sitemap, agar kita dapat setting file sitemap yang kita miliki dengan tepat dan selanjutnya bisa mengoptimasi dengan baik daftar URL yang dimiliki di search engine (mesin pencari).

Format file sitemap, harus :

  • Dimulai dengan tag pembuka dan diakhiri dengan tag .
  • Spesifisikan nama protokol sitemap (protocol standard) dengan tag .
  • Masukkan alamat URL pada tag . Pada tag berisi tag , , dan
  • Isi tag dengan alamat URL.

Contoh cara menulis file Sitemap XML :




http://www.gembong.web.id/
2005-04-15
daily
0.8


Arti dari Tag pada file Sitemap:

  • : Untuk mendefinisikan standard protokol sitemap yang dipakai. Tag ini wajib digunakan.

  • : Tag ini digunakan untuk menuliskan daftar URL yang mau dimasukkan ke sitemap. Settingan dari setiap URL dituliskan didalam tag ini. Tag ini wajib digunakan.

  • : Tag ini digunakan untuk menuliskan alamat URL. Didalam tag ini khusu berisi alamat URL nya saja. Tag ini wajib digunakan.

  • : Tag ini digunakan untuk menuliskan tanggal suatu URL terakhir kali diupdate atau diperbaiki. Format tanggal yang digunakan adalah YYYY-MM-DD. Tag ini bersifat opsional artinya boleh digunakan atau tidak. Agar mesin pencari tahu jika sudah terjadi perubahan terhadap sebuah file atau URL sebaiknya kita menggunakan tag ini.

  • : Tag ini untuk menandai seberapa sering suatu halaman atau URL berubah. Nilai dari tag ini digunakan untuk memberikan informasi ke robot nya mesin pencari agar robot mesin pencari mengunjungi website kita bisa terjadwal. Robot dari mesin pencari terlalu sering mengunjungi website juga tidak terlalu baik dan bila jarang sekali mengunjungi website juga tidak baik. Walaupun tag ini bersifat opsional artinya boleh digunakan atau tidak, saya kira tag ini wajib digunakan dalam file sitemap. Nilai dari tag ini adalah always, hourly, daily, weekly, monthly, yearly, never. Nilai always digunakan untuk menandai sebuah URL apabila setiap waktu kita selalu melakukan perubahan data terhadap URL tersebut, sedangkan nilai never digunakan untuk menandai jika sebuah URL sudah tidak pernah kita update lagi.

  • : Digunakan untuk menandai seberapa pentingnya suatu URL dibandingkan dengan URL-URL lainnya dalam satu website. Nilai dari tag ini antara 0.0 - 1.0. Secara default tag ini bernilai 0.5. Tag ini bersifat opsional artinya boleh digunakan atau tidak.

Tag-tag diatas adalah tag dari file sitemap yang menurut saya penting digunakan agar semua URL diwebsite kita dapat teroptimasi dengan baik. Untuk itu jika Anda menggunakan file sitemap periksalah apakah file sitemap Anda sudah mengandung tag-tag diatas dan sudahkah mengisi nilainya dengan tepat?

Category:  
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response.
0 Responses