pulau weh sabang - nad



Spoiler for Tentang Pulau Weh:


Pulau Weh adalah sebuah pulau yang indah terletak di ujung Barat Laut pulau Sumatera. Ini adalah lokasi terbarat dari Kepulauan Indonesia - kepulauan terbesar di dunia yang menghampar hingga 4000 km ke timur.

Pulau Weh, yang disebut dengan Sabang, oleh penduduknya, dikelilingi oleh pantai yang indah dan lokasi menyelam yang mempesona. Tiga lokasi untuk menyelam terletak di Gapang, Iboih, dan pulau Rubiah, tempat di mana Taman Laut Nasional berada.Pulau Weh memiliki spesies ikan yang langka seperti paus hiu, ikan pari, penyu dan lumba-lumba. Keindahan terumbu karang lautnya menjanjikan pengalaman snorkeling yang mengesankan bagi yang bukan penyelam.
Selain pantai, banyak lokasi menarik lainnya seperti air terjun, gunung berapi, mata air panas juga Monumen Kilometer Nol, Benteng Perlindungan Jepang peninggalan Perang Dunia ke II, makam bersejarah, Durian Keramat, dan kota Sabang.
Belanja di Sabang adalah pengalaman menarik yang lain. Pusat belanja terletak di pasar tradisional. Di sini anda dapat membeli buah segar dan makanan tradisional seperti dodol, keripik, kue dan roti Sabang. Anda juga dapat membeli cindera mata yang terbuat dari batang dan tempurung kelapa.
Dalam waktu dekat pengunjung Pulau Weh mulai dapat menggunakan bandara udara baru. Namun untuk sekarang Pulau Weh dapat dicapai melalui Banda Aceh dengan kapal feri penumpang dengan jadwal dua kali perjalanan dan feri barang satu kali perjalanan dalam sehari.
Transportasi di Pulau Weh terdiri dari mini bus, sepeda motor, becak dan mobil sewaan.
TUJUAN WISATA:
GAPANG

Gapang adalah pantai yang tenang dan mempunyai banyak karang untuk snorkeling dan menyelam. Di sini juga tempat yang baik untuk melihat penyu. Gapang menawarkan beragam fasilitas seperti hotel, cottage, kafe, restoran, dan pusat untuk menyelam. Gapang lokasi yang paling popular bagi banyak wisatawan.


IBOIH

Lokasi laut lain di Sabang yang mempesona adalah Iboih, yang dikenal karena tempat menyelam dan snorkelingnya yang luar biasa karena warna warni dan keindahan terumbu karangnya. Terkadang anda dapat melihat hawkbill seekor penyu langka di Iboih. Di sini juga ada beraneka ragam fasilitas yang cocok bagi penyelam dan backpacker termasuk kafe outdoor dan bungalow.

PULAU RUBIAH
Pulai Rubiah adalah harta terpendam bagi snorkeling dan penyelam karena keelokan terumbu karangnya. Taman lautnya benar-benar surga bagi pecinta terumbu karang.
Selain itu, pulau ini mempunyai sejarah yang menarik karena sebelumnya pernah digunakan sebagai tempat karantina jemaah haji Indonesia. Untuk berkunjung ke Pulai Rubiah, anda dapat menyewa kapal dari Iboih.

AIR TERJUN

Sungai Pria Laot berhulu dari Gunung Sarung Keris. Di tengah-tengah hutan, teidak terlalu jauh dari desa Pria Laot, sungai tersebut berubah menjadi air terjun bertingkat yang menakjubkan. Disana Anda dapat berenang di bawah air terjun, atau sekedar menikmati suasanan hutan lindung dengan kupu-kupu yang bertebaran di sekelilingnya. Air terjun tesebut terletak 1,7 km dari jembatan Pria Laot.

MONKEY ROAD
Monyet di Pulau weh menyapa kedatangan para wisatawan di perjalanan menuju Monumen Kilometer 0. Berikan mereka pisang dan bersahabat dengan mereka selamanya.

GUNUNG BERAPI
Gunung berapai di sabang sangat kecil namun masih layak untuk dikunjungi. Pergilah ke Jaboi dan belok ke kiri setelah melewati desa, lalu ikuti jalan tersebut hingga tidak bisa naik lebih tinggi lagi. Anda perlu jalan kaki sepanjang 200 meter di jalan setapak yang mengarah ke kanan. Mungkin akan sedikit sulit untuk menemukan jalur tersebut, jadi ikuti saja bau asap belerang dari gunung berapi tersebut.

MONUMEN KM NOL

Monumen Kilometer Nol terletak di desa Iboih Ujong Ba’u 29 kilometer di sebelah barat kota Sabang dan sekitar 5 km dari Iboih. Monumen ini dibangun di ujung tebing setinggi 22,5 meter yang menghadap Samudra Hindia. Dalam bahasa Indonesia Monumen ini disebut Kilometer Nol yang mempunyai symbol burung garuda, burung Garuda legendaries yang terukir padanya.
Monumen kilometer tujuh terletak sekitar 7 km dari Monumen Kilometer Nol. Hal yang menarik adalah fakta bahwa Monumen ini dulunya merupakan titik Minumen Kilometer Nol namun dipindahkan ke lokasinya yang sekarang sebagai hasil survey geografis yang lebih baik dan menyeluruh.

BENTENG PERLINDUNGAN JEPANG


Banyak benteng Jepang tersebar di seluruh pulai dan menjadi alasan mengapa pulau ini dikenal sebagai “Kota Seribu Benteng” Benteng-benteng itu semuanya dibangun antara tahun 1943 dan 1945 yang dulunya saling terhubung melalui terowongan-terowongan yang sekarang ditutup karena alasan keamanan. Meski demikian, di Anoi Itam masih banyak benteng perlindungandalam kondidi cukup baik. Selain itu ada juga tempat benteng besar dengan banyak pintu masuk ke terowongan di Gunung Batu. Bungalow Flamboyant di Lhong Angen dibangun di bekas lokasi kamp Jepang dan masih banyak peninggalan yang dapat ditemui. Benteng ini juga disebut sebagai tempat yang sering dikunjungi oleh hantu-hantu Jepang.

MATAHARI TERBIT & TERBENAM

Banyak pemandangan laut yang indah di Pulau Weh yang menawarkan keindahan matahari terbit dan terbenam dari banyak sudut sekeliling pulau atau bahkan dari suasana hangat dan romantic dari sudut bungalow Anda.


Spoiler for Daya tarik lokal:


bekas2 tsunami

SABANG FAIR

Pulau KLah

Pantai Sumur Tiga

Pada saat mengunjungi Pulau Weh, anda kan merasakan kehidupan masyarakat dengan budaya tak berubah sambil terus bergerak menuju abad ke 21. Kota Sabang memiliki suasana pedesaan yang menawan. Pulau ini akan menarik perhatian anda dengan gaya dan kehidupan yang asli dan sangat nyata.

MAKAM MERBABU
Taman makam besar di Kota Atas terletak hanya 20 menit berjalan kaki dari pusat kota Sabang. Di sini, umat Islam, Kristen, dan Budha yang berasal dari Indonesia, Cina, Jepang, Belanda, Perancis, dan masih banyak lagi Negara lainnya, dimakamkan berdampingan. Orang kaya dimakamkan berdampingan dengan orang miskin, putri raja Batak beristirahat di antara orang Belanda, seorang Raden bangsawan Jawa dimakamkan di sebelah seorang petualang. Ukiran di pemakaman ini menceritakan kisah tentang Sabang yang mengagumkan.
Di Keunekai, dekat Pantai Pasir Putih, terdapat sebuah kolam kecil yang dialiri sumber mata air panas yang memungkinkan anda berendam dengan nyaman dan santai. Mata air panas terlihat dari jalan saat anda datang dari Keunekai, dan anda perlu belok ke kiri untuk menuju sana. Jalan di sebelah kanannya akan membawa anda menuju ke Pasir Putih dan Bango.

DURIAN KERAMAT
Durian Keramat terletak di pegunungan dekat Iboih. Tempat ini dapat dicapai dengan berjalan kaki dan mendaki selama sekitar 1,5 jam. Jalurnya cukup sulit untuk dilalui karena melalui hutan rimba. Tempat ini merupakan salah satu tempat paling keramat di Pulau Weh dan harus dihormati baik oleh penduduk local maupun pengunjung.

PASAR TRADISIONAL
Pasar yang besar dan ramai di kota Sabang adalah atraksi yang menarik. Pada dini hari, penduduk dari desa-desa sekeliling membawa dagangannya ke pasar.
Anda bisa membeli apa saja, mulai dari sayuran, buah-buahan segar, tangkapan ikan hari itu dan belanjaan lainnya. Kebanyakan bahan makanan dihasilkan secara organic dan diproduksi secara local.

Pasar buka dari jam 6 pagi hingga jam 2 siang. Toko-toko lain disabang biasanya dibuka jam 8 pagi sampai 12 siang dan antara jam 5 sore sampai 9 malam. Pagi hari adalah saat yang paling tepat untuk belanja karena aktifitas di pasar sedang sibuk-sibuknya.

KERAJINAN TANGAN
Kerajinan tangan adalah cindera mata yang sangat bagus di kota Sabang, terutama kerajinan dari batang kelapa. Di Sabang banyak tumbuh pohon kelapa. Karena tekstru kayunya yang indah maka bahan ini sering digunakan untuk membuat perabot dan perkakas rumah tangga seperti lampu, mangkuk, cangkir, vas, asbak dan lain sebagainya.


BAKPIA, ROTI, DODOL & KERIPIK PISANG


Kue khas Sabang yang dibuat dari tepung gandum dan selai kacang hijau adalah oleh-oleh yang popular untuk dibawa pulang ke rumah.

Selain bakpia, Sabang juga terkenal akan kue dodolnya yang terbuat dari ketan, santan, gula palem, dan keripik yang terbuat dari buah-buahan atau sayur-sayuran. Makanan lezat ini dijual sebagai oleh-oleh.


NB:LEBIH JELAS Kunjungi www.pulauwehsabang.com dan Pulauweh room

Category: ,  
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response.
0 Responses