Konversi Bilangan Ke Heksa, Binair dan Desimal Menggunakan Google

Mesin pencari / Search Engine Google selain berfungsi untuk mencari halaman web berdasarkan kata kunci / keyword yang kita tuliskan juga dapat berfungsi sebagai kalkulator. Salah satu fungsi dari Google kalkulator ini adalah untuk mengkonversi bilangan ke heksadesimal (bilangan berbasis 16), binair (bilangan berbasis 2) dan desimal (bilangan berbasis 10), bagi para kalangan dunia IT / programmer tentunya bilangan-bilangan ini sudah tidak asing lagi.

Untuk mengkonversi bilangan kita cukup menuliskan bilangan yang mau dikonversi kedalam kotak teks pencarian dengan cara sebagai berikut :

Misalkan kita ingin mengkonversi bilangan 255 desimal kedalam heksadesimal, maka caranya adalah dengan menuliskan kata “255 in hex” dalam kotak pencarian.

255 in Hex

Jika bilangan 255 desimal ingin kita konversikan ke dalam bentuk binair, kita cukup menuliskan “255 in binary”.

255 ke binair

Dan misalkan lagi, jika ingin merubah bilangan FFFF heksa ke dalam bentuk desimal, kita cukup menulis “0xFFFF” in decimal.

0xFFFF ke desimal

Bonus Tips : Google juga dapat digunakan untuk konversi mata uang, misalkan konversi uang dollar ke rupiah, kita cukup menuliskan “0ne dollar in rupiah”

dollar in rupiah

Category:  
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response.
0 Responses