Hogwash Oil

Hogwash oil adalah minyak yang didapatkan dari limbah pembuangan restoran atau dari tempat penampungan minyak yang berasal dari fan ventilasi pada restoran. Jadi hogwash oil adalah minyak yang dikumpulkan dari sisa-sisa makanan yang biasanya digunakan untuk pakan babi.

Mekanisme yang terjadi adalah para pembeli hogwash oil membelinya dari restauran untuk kemudian dijual kembali pada pabrik-pabrik illegal yang memproduksi minyak nabati palsu tersebut. Biasanya pabrik-pabrik tersebut berada di daerah miskin.

Bagaimana proses yang terjadi? Hogwash oil di bleaching dengan menggunakan hydrogen peroksida. Penambahan bahan ini akan menaikkan pH dari hogwash oil Karenanya untuk menghindar dari pengawasan yang dilakukan oleh pemerintah maka dilakukan penambahan asam klorida untuk membuat pH produk tersebut sesuai dengan persyaratan yang ada. Hogwash oil kemudian dimasukkan ke dalam tub yang panas (kondisi air mendidih) sebagai tahap bleaching dan penyaringan lanjut sebelum memasuki tahap penghilangan bau dengan proses vakum.

Akhirnya hogwash oil siap untuk dibotolkan dengan beberapa dilabel dengan label yang menunjukkan “high class” setelah terlebih dahulu ditambahkan dengan minyak salad, sawit dan jenis minyak goreng lainnya. (Jurnal Halal LP POM MUI).

Category:  
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response.
0 Responses