Dimana Brewer’s Yeast Digunakan?

yeastBrewer’s Yeast digunakan sebagai suplemen nutrisi untuk meningkatkan asupan vitamin B kompleks. Selain brewer’s yeast merupakan sumber mineral kromium yang cukup baik dan berarti untuk kepentingan pengobatan. Kromium bekerja dan berfungsi menurunkan level insulin sehingga diperlukan untuk penderita diabetes. Sebenarnya kromium terdapat secara alami di alam. Namun beberapa peneliti memperkirakan sekitar 90% orang Amerika kekurangan asupan kromium dalam dietnya. Selain kromium, mineral lain yang dikandung misalnya selenium (Se), seng (Zn), phosporus (P) dan magnesium (Mg).

Brewer’s Yeast juga digunakan untuk menghilangkan nafsu makan. Fungsi ini sering diaplikasikan untuk makanan diet atau menjadi ingredien dari obat penurun berat badan. Selian itu brewer’s yeast juga dipakai sebagai suplemen untuk jerawat kronis dan furunculosis. Brewer’s yeast juga digunakan sebagai salah satu ingredien dari suatu formula untuk melancarkan produksi ASI.

Brewer’s yeast juga digunakan dalam industri pangan khususnya industri flavor, sebagai savoury ingredient atau rasa daging-dagingan.

Banyak ditemukan khamir/yeast yang dijual di toko-toko makanan kesehatan yang tidak memiliki rasa pahit, itu artinya yeast/khamir tersebut bukan berasal dari brewer’s yeast. Artinya yeast tersebut tidak memiliki faktor toleransi terhadap glukosa atau glucose tolerance factor (GTF) yang diperlukan untuk penderita diabetes degnan adanya mineral kromium.

Selain memiliki efek positif, disinyalir pula ada efek negatif dalam mengkonsumsi brewer’s yeast yaitu rusaknya daya ingat, immunodeficiency, chronic fatigue serta alergi.

Berbeda dengan brewer’s yeast, nutritional yeast (yeast yang khusus ditumbuhkan untuk dipanen sebagai nutrisi) selain kandungan kromium sangat rendah jug abisa jadi tidak memiliki kemampuan GTF. Selain itu produk tersebut sama sekali tidak memiliki kemampuan untuk melakukan aktifitas fermentasi atau sebagai pengembang dalam pembuatan roti. (Jurnal Halal LP POM MUI)

Category:  
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response.
0 Responses