SENI TIPU MUSLIHAT

Tiga kodok daun kering yang saling berdekatan nyaris bersatu dengan lantai hutan Panama, Tipu muslihat untuk mengecoh predator kerap didorong oleh kehidupan di daerah tropis, di mana satu mahluk menjadi pakan bagi mahluk lainnya..

Spoiler for for kodok:
ALIHKAN PERHATIAN Seekor burung yang menerjang tungau kaki bendera di bunga passiflora mungkin melihat kibaran "bendera-bendera merah-ini adalah upaya serangga mengalihkan gigitan pemangsa agar mengenai kaki yang tidak terlalu penting, bukan pada bagian tubuh yang vital.
Spoiler for for tunkai kaki bendera:
Tonggeret seukuran jari yang menyamar sebagai kulit kayu berlumut ini nyaris tak terlihat di dalam hutan. Panama yang temaram. Namun kamuflase lebih dari sekedar penampilan-pemakainya juga harus menjalani peran dengan baik. Serangga nokturnal ini tidak bergerak sedikit pun pada siang hari untuk memastikan bentuk tubuhnya yang tidak mencolok.
Spoiler for for Tonggeret:
Seekor serangga daun betina dari Malaysia yang lebih mirip tumbuhan ini berbentuk dari rangkaian panjang pemimikan daun yang ekstrim. Berdasarkan fosil terakhir di Jerman, kelompok serangga ini tak banyak berubah kurun waktu 47 juta tahun terakhir. Sebagai anggota terbesar dari ribuan spesies pemimik daun, Phyllium giganteum dapat mencapai panjang 10 meter.
Spoiler for for Daun Betina:
BERMUKA DUA Sepasang mata tambahan, juga palsu, dapat jadi anugerah bagi serangga yang diburu predator yang mengandalkan penglihatan. Wereng melakukan pendekatan yang lebih bersemangat, berdengung seperti tawon penyengat agar si penangkap buru-buru melepaskannya.
Spoiler for for Wereng 1:

Spoiler for for Wereng 2:

PALSUKAN IDENTITAS Bersembunyi dari mata telanjang, Hyalymenus nymph kepala besar telah berevolusi untuk tampil dan bertingkah seperti semut pemakan getah.
Spoiler for for Hyalymenus nymph:
BINGUNGKAN MUSUH Dengan mengumbar bagian-bagian tubuh palsu dan penyamaran yang elegan, banyak ulat yang membuat musuh-musuhnya bertanya-tanya, seekor ulat ngengat sutra mengadopsi kepala palsu, lengkap dengan antena tiruan untuk memikat predator agar menggigit bagian belakang tubuhnya.
Spoiler for for Ulat Ngengat Sutra:
PAMER "Agar dimakan" dan bukan "melarikan diri" adalah sebuah tujuan dari sejenis parasit nemetoda. Ketika membajak seekor semut, parasit ini mengubah pantat inangnya semerah dan semencolok buah ranum.
Spoiler for for Semut dan Parasit:
Pada katak, warna warni yang mencolok kerap menandakan kandungan racun. Namun satu spesies di kepulauan lepas pantai Panama tidak selalu menggunakan satu sinyal warna yang baku.
Spoiler for for Katak:
Seni Tipu Muslihat pada serangga disebut juga Mimikri. Mimikri adalah contoh evolusi lewat seleksi alam perjuangan keras sang induk dalam mengembangbiakan keragaman keturunan

Category:  
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response.
0 Responses