Lanai, Hawai; Berkunjung ke Pulau Kecil Nan indah

Lanai adalah salah satu pulau kecil di Kepulauan Hawaii yang dapat ditempuh dengan pesawat terbang kira-kira 30 menit dari Honolulu atau Kahului (Maui). Panjang pulau ini hanya 18 miles (27 km) sedangkan lebarnya kira-kira 13 miles (21 km) dengan elevation yang bervariasi dari sea level sampai 3.400 ft (1.036 m).

Walaupun kecil, Lanai memiliki hutan belukar yang indah dan "untouched" yang terbentang luas dan dikelilingi oleh pantai pasir putih yang tersembunyi (secluded). Jauh dari keramaian/kebisingan kota, tidak ada satupun stoplight, sunyi dan peaceful. Di samping Golf, Lanai juga menawarkan "exciting adventures" baik darat maupun laut.

Menurut kabar yang beredar Lanai dulunya disebut sebagai Pulau Nanas (Pineapple Island). Karena hampir selama 70 tahun Lanai adalah perkebunan Nanas terbesar di dunia mencapai 18,000 acres yang dimiliki dan dioperasikan oleh Dole Food Co. Pada tahun 1986 Pineapple Industry mengalami penurunan dan akhirnya ditutup dan berubah menjadi obyek pariwisata. Beberapa tahun setelah itu dibangun 2 buah Resorts yang dilengkapi dengan Golf Courses.

meluncur dengan sebuah mobil menuju "Munro Trail" yang letaknya tak jauh dari Lanai City, yang panjangnya 11 km dengan pemandangan yang indah diantara pohon2 Pinus yang majestic serta hawa yang sejuk yang kami rasakan ketika mendaki di ketinggian lebih dari1.500ft diatas permukaan laut (d.p.l.).

Sepanjang jalan ini kita bisa menikmati pemandangan indah Pulau Maui dikejauhan sana. Trail membawa kita ke puncak gunung Lanaihale di ketinggian 3.368 ft d.p.l. sehingga dapat terlihat pemandangan 5 neighboring Islands yaitu Maui, Molokai, Kahoolawe, Oahu dan Big Island.

Jika Anda beruntung saat datang ketempat ini ketika hujan tidak turun sehingga keadaan jalan tidak licin dan lebih mudah dilalui, tetapi tetaplah berhati-hati, karena keadaan jalan dibeberapa tempat disini dapat menjerumuskan. Perjalanan ke Munro Trail ini memakan waktu kurang lebih 3 jam pulang pergi

Pemandangan alam yang terlihat ketika kita menuju "Shipwreck Beach" sangat menawan dengan background Pulau Molokai. Shipwreck Beach, pantai pasir putih yang terbentang sekitar 12 km, adalah tempat yang menggiurkan untuk berjalan-jalan disepanjang pantai, sunbathing, piknik, tetapi berenang tidak dianjurkan disini.

Hulopoe Beach Park adalah tempat yang menarik untuk Water Adventure seperti berenang, menyelam, snorkeling, Spinner Dolphin watch. Sedangkan untuk Land Adventure, P. Lanai yang sepi, jauh dari keramaian lalu lintas cocok untuk mountain biking, hiking, horseback riding bahkan target shooting. Disamping itu kami juga berhenti di Manele Bay, Manele Harbour dan beberapa tempat untuk menikmati pemandangan alam yang spektakuler.

Anda juga disarankan unutk mengunjungi ke Keahikawelo yang juga dikenal dengan nama "Garden of the Gods" yang letaknya kira-kira 11 km sebelah utara Lanai City. Hampir disepanjang jalan menuju tempat ini ditumbuhi tanaman "Lantana" yang tingginya kira2 1 m, bunganya cluster dan beraneka warna, kuning, merah jambu, putih, oranye yang melambai-lambai tertiup angin.

Garden ini tidak seperti garden biasa, melainkan terdiri dari batu-batu. Batu-batu yang aneh bentuk dan ukurannya bermacam-macam yang tak terhitung jumlahnya, secara misterius berserakan di area yang bertanah merah ,di tempat yang sepi ini seakan-akan menciptakan perasaan mystic.

Ada juga beberapa tempat di "Garden of the Gods" ini yang tidak berbatu, tetapi hanya sebidang tanah yang luas yang berwarna merah menyala yang telah (weathered), berubah warna dan bentuk yang disebabkan oleh keadaan cuaca seperti hujan, angin, matahari, dll. Selama bertahun-tahun, tempat yang 'desolate' ini ( tidak ada pohon, hewan dll.) ,kelihatan indah dipandang mata, kontras dengan warna laut dan langit yang biru serta 'distant islands' di horizon. Kemudian kami meneruskan perjalanan yang menurun dan mendaki serta berbatu-batu sampai menemui sebuah pantai yang tersembunyi, pantai pasir putih yang indah.

Suhu udara yang mencapai 80 deg F dengan trade wind yang bertiup kira-kira 8-10 mi/jam, dengan matahari yang bersinar cerah, cocok sekali untuk "sunbathing". Pantai ini bersih, sepi dan romantis, aman dan tidak ada yang mengganggu. Sinar matahari yang hangat dan pijatan halus ketika pasangan kita membubuhkan sunscreen di tubuh terasa relax dan nikmat. Setelah puas berjemur, dan perut anda terasa lapar, anda bisa menikmati chicken sandwich yang bisa mengganjal perut.

Anda juga bisa menikmati pemandangan indah disekitar taman yang banyak terdapat disini, yang ditanami pohon-pohon hijau serta bunga-bunga yang cantik, ada waterfall, danau yang ditata rapi. Sangat menyenangkan dan menyejukan. Menjelang senja anda bisa kembali ke pantai sambil berjalan-jalan dan menikmati sunset.

Lanai juga banyak diminati oleh wisatawan yang sedang berbulan madu (honeymooners), karena sunyi dan udaranya agak dingin. Sepertinya tak memerlukan waktu lama untuk mengeksplor pulau yang romantis ini dan anda akan measa terkesan dengan keindahan alamnya, termasuk pantai, gunung-gunung, dan hutannnya. tetapi tak akan ada yang akan menyalahkan anda jika anda berminat untuk tinggal agak lama di pulau in. jadi tunggu apalagi segera rencanakan liburan anda dan kunjungi lanai bersama keluarga anda.

Category: ,  
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response.
0 Responses