Gereja La Sagrada Familia, Barcelona (1882-2026/40)

La Sagrada Familia, Barcelona
127 tahun sejak dimulai, pembangunan La Sagrada Familia masih juga belum rampung. Dua arsitek pertamanya bahkan telah meninggal. Sekarang, yang meneruskan pembangunan adalah arsitek-arsitek lain dengan mengikuti ide awal yang sudah digariskan oleh para arsitek pendahulu.

“La Sagrada Familia”, atau kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi “Keluarga Kudus”, adalah sebuah gereja yang terletak di tengah-tengah kota Barcelona, Spanyol. Gereja ini berada di antara Carrer de Marina, Carrer de Provença, Carrer de Sardenya dan Carrer de Mallorca.

La Sagrada Familia mulai dibangun pada tahun 1882, tepatnya tanggal 19 Maret 1882, dengan arsitek pertama bernama Francisco de Paula del Villar (1828-1901). Pada tahun 1883, seorang arsitek lain bernama Antoni Gaudí diberi tugas untuk memimpin pembangunan gereja, setelah arsitek pertama mengundurkan diri karena perbedaan pendapat. Dengan demikian, Gaudí menjadi arsitek utama proyek ini, sebuah tugas yang ia jalankan terus bahkan sampai menjelang wafatnya pada tahun 1926.

Sejak awal hingga saat ini, dana yang digunakan untuk membangun gereja ternyata hanya berasal dari sumbangan-sumbangan para pengunjung, umat-umat dan donatur-donatur lain yang berkenan menjadi “Sahabat Gereja La Sagrada Familia”. Tak sepeserpun Vatikan mengucurkan dana untuk pembangunan gereja itu. Tentang sikap swadana yang dianut selama pembangunan “La Sagrada Familia”, Antoni Gaudí, sang arsitek utama, berkomentar demikian, “Gereja La Sagrada Familia dibangun oleh umat dan akan tercerminkan dalam diri para umat. Proyek ini adalah sebuah proyek yang berada dalam tangan Allah dan keinginan para umatnya”.

Desain awal gereja La Sagrada Familia (LSF) dari arsitek pertama mengikuti gaya Gothic Baru, yang jika dilihat dari atas berupa salib dengan bagian puncak menyerupai setengah lingkaran. Bagian mirip setengah lingkaran ini adalah lokasi altar dan crypt. Desain awal kemudian ditinggalkan oleh Gaudí pada tahun 1889 setelah ia menyelesaikan bagian crypt dan mendapatkan suntikan dana yang besar dari seorang donatur tak dikenal. Gaudí kemudian mendesain gereja yang lebih besar, megah dan inovatif.

Desain baru Gaudí sekarang berupa sebuah gereja dengan 4 menara lonceng, penuh dengan ukiran-ukiran sangat detil, penuh dengan simbol-simbol yang berhubungan dengan kisah hidup Yesus dan para pengikut-Nya. Sulit untuk dideskripsikan dalam sebuah tulisan.

Pada awal pembangunan LSF di akhir abad ke-19, peralatan yang digunakan masih sangat sederhana. Sekarang, peralatan yang digunakan sudah sangat moderen, persis sama dengan pembangunan gedung-gedung bertingkat masa kini, menggunakan crane, peralatan yang digerakkan oleh listrik dan bahan-bahan bangunan yang jauh lebih baik.

Namun, sulitnya arsitektur yang didesain oleh Gaudí membuat pembangunan gereja LSF tidak dapat berjalan dengan cepat. Apalagi, gereja ini pernah rusak berat saat perang sipil terjadi di Spanyol pada tahun 1936. Saat itu, ruang kerja Gaudí bahkan dihancurkan. Untungnya, setelah perang sipil berakhir, gereja LSF segera dibangun kembali hingga kini.

Sekarang, gereja La Sagrada Familia yang belum selesai telah menjadi simbol yang identik dengan Barcelona, bahkan Spanyol. Lokasi pembangunan gereja dikunjungi oleh banyak turis setiap hari. Antrian masuk ke gereja selalu terlihat panjang apalagi di hari yang cerah di musim semi dan musim panas.

Menurut prediksi, gereja La Sagrada Familia mungkin akan selesai sepenuhnya sekitar tahun 2030 sampai dengan 2040. Jadi, masih perlu waktu antara 20 hingga 30 tahun untuk menyelesaikan karya besar terakhir dari Antoni Gaudí. Kita sedang menyaksikan pembangunan sebuah karya artistik bersejarah dari salah satu arsitek terkemuka di Eropa yang memakan waktu selama satu setengah abad. 150 tahun!!! Jangan lupa kunjungi bangunan ini jika Anda berkesempatan mampir ke Barcelona.

gambar gambarnyaa gan:

Spoiler for sagrada familia:
Spoiler for tampak depan:

Spoiler for bagian depan(lagi):

Spoiler for pintu masuk:

Spoiler for bagian dalam:

Spoiler for Sagrada Familia sisi barat:

gilaaaa ,, diukir gan , dipahat nooh wtd? hahah .





Gereja Sagrada Familia, Barcelona (gan , ni gereja udah di bangun dari taon 1882 dan rencanannya bakal selesai taun 2040 !!
kita tunggu aja hasilnya , Ribet bgt siih pmbangunannnya... hihihi...


Sumber: http://www.sagradafamilia.org

Category: , ,  
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response.
0 Responses