Hewan Amfibi Terunik di Dunia

Hewan2 berikut pas untuk para pecinta amfibi. Silakan cek dan semoga ga ripos.

1. Budgett's Frog (Lepidobatrachus laevis)

Spoiler for gambar:


Amfibi ini disebut juga Escuerzo atau Katak Mulut-Lebar. Merupakan spesies katak yang tergolong langka karena kehilangan habitatnya. Hewan ini berasal dari Argentina, Paraguay, dan Bolivia, dan hidup di savana kering, dataran belukar kering, dan lingkungan berair tawar. Katak ini agresif dan telah diketahui bahwa hewan ini akan menggigit jika merasa terancam oleh manusia atau predator. Pernah digigit katak?

2. Mexican Burrowing Toad (Rhinophrynus dorsalis)

Spoiler for gambar:


Hewan langka ini merupakan satu2nya spesies dengan lebih dari evolusi independen selama 190 juta tahun, dan merupakan spesies amfibi yang paling evolutionarily distinct. Katak ini hidup di selatan Texas sampai Meksiko, Guatemala, Honduras, El Savador, Nikaragua, dan Costa Rica.

3. Barred Tiger Salamander (Ambystoma mavortium)

Spoiler for gambar:


Hewan unik ini merupakan spesies salamander yang ditemukan di baratdaya Kanada di British Columbia, Alberta, Saskatchewan, dan Manitoba, di selatan sampai barat Amerika Serikat hingga Texas, dan Meksiko utara. Kulitnya sangat lembap dan dapat tumbuh hingga 35 cm.

4. Purple Frog (Nasikabatrachus sahyadrensis)

Spoiler for gambar:


Hewan ini merupakan satu dari hewan paling freak di bumi. Ia dikenal juga sebagai Pignose Frog dan berasal dari Western Ghats di India. Hewan ini ditemukan hanya pada tahun 2003. Suara hewan ini mirip dengan suara seekor ayam, dan menghabiskan sebagian besar hidupnya di bawah tanah. Ia hanya naik ke permukaan selama 2 minggu, hanya untuk kimpoi

5. Common Mudpuppy (Necturus maculosus)

Spoiler for gambar:


Hewan ini merupakan endemik di timur laut Amerika Serikat dan beberapa wilayah di Kanada. Hewan ini lebih suka air dangkal dengan banyak tempat untuk sembunyi, namun ia kadang ditemukan pada kedalaman hingga 90 kaki dan dapat hidup selama 20 tahun. Hewan ini nocturnal namun masih dapat aktif pada siang hari di perairan berlumut atau berumpur laut. Ia karnivora, memakan ikan, telur ikan, serangga, dan moluska.

6. Axolotl (Ambystoma mexicanum)

Spoiler for gambar:



Hewan ini gagal dalam bermetamorfosis dan tetap tinggal di air dan tumbuh di sana sampai dewasa. Spesies yang tidak lazim ini berasak dari Meksiko, dan memiliki kemampuan untuk meregenerasi sebagian besar anggota tubuhnya. Mereka biasanya dipelihara di AS, Inggris, Australia, Jepang, dan negara lainnya. Harganya pasti mahal ni gan...

7. Neuse River waterdog (Necturus lewisi)

Spoiler for gambar:


Hewan ini ditemukan di sungai di North Carolina, dan dapat tumbuh sampai berukuran 16,5-28 cm.

8. Suriname Horned Frog (Ceratophrys cornuta)

Spoiler for gambar:



Hewan ini disebut juga sebagai Katak Bertanduk Amazon, dan dapat tumbuh hingga sepanjang 20 cm. Ia ditemukan di bagian utara di wilayah Amerika Selatan. Kecebong2 dari spesies ini saling menyerang sesaat setelah mereka menetas. Buset...

9. Olm (Proteus anguinus)

Spoiler for gambar:


Hewan buta ini berasal dari Eropa Selatan dan disebut juga sebagai Proteus. Mereka hidup di perairan yang mengalir di bawah tanah yang melalui wilayah kapur. Mereka juga kadang dipanggil "human fish" oleh penduduk lokal karena warna kulitnya yang mirip dengan warna kulit ras Kaukasia. Hewan ini dapat beradaptasi dengan lingkungan yang gelap total, dan memiliki indera penciuman dan pendengaran yang sangat tajam. Bentuknya lucu atau menjijikkan ya?

10. Texas Blind Salamander (Eurycea rathbuni)

Spoiler for gambar:


Hewan ini juga buta, dan hidup di Texaz. Ia dapat tumbuh hingga 13 cm.

11. Albino Pacman Frog (Ceratophrys ornata)

Spoiler for gambar:


Hewan ini dikenal juga sebagai Albino Argentine Horned Frog atau Argentine Wide-mouthed Frog. Ia hidup di hutan hujan Argentina, Uruguay, dan Brazil. Hewan ini merupakan pemakan yang rakus, ia akan berusaha menelan apa saja yang bergerak di dekat mulut lebarnya, seperti serangga, burung dan mamalia kecil, reptil, bahkan katak lainnya.

Sumber

Category:  
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response.
0 Responses