Bajak Laut Wanita Dalam Sejarah

Anne Bonny (March 8, 1700 – mungkin April 25, 1782)

Spoiler for Anne Bonny:


Quote:

Kehidupan Sebelumnya


Sebagian besar data yang didapat tentang Anne Bonny berasal dari buku Kapten Charles Johnson "A General History of the Pyrates". Sebenarnya tanggal kelahirannya masih diragukan, tapi menurut keturunanya, Anne dilahirkan pada 1698. Sementara John Carlova menulis di bukunya "Mistress of the Seas" bahwa Anne lahir pada 8 Maret 1700.

Anne Bonny lahir di Country Cork, Irlandia. Ia adalah anak dari pengacara William Cormac dan seorang budaknya bernama Peg Brennan (beberapa sumber mengatakan namanya Mary Brennan). Namun, ketika perselingkuhan Cormac dengan Brennan diketahui massa; Cormac, Brennan dan Anne pindah dari Irlandia ke Charleston, Carolina Selatan. Di sana ia mengurus ijin bekerja sebagai pengacara dan setelah beberapa tahun kemudian, Cormac menjadi kaya dan membeli perkebunan yang besar.

Pernikahannya

Yang tercatat tentang Anne adalah sifatnya yang pintar, menarik namun juga mudah marah. Ada cerita yang mengatakan bahwa saat ia berusia 13 tahun, ia membunuh seorang gadis budak dengan cara menusuk perutnya dengan pisau dapur. Lalu saat 16 tahun, ia menikahi seorang pelaut bernama James Bonny. James Bonny ingin menguasai harta keluarga Anne, sehingga Cormac tidak lagi menganggap Anne sebagai anaknya. Berdasarkan sebuah cerita, Anne membakar perkebunan ayahnya. Lalu pada sekitar tahun 1715 ia dan James Bonny pindah ke New Providence, Bahama. Kemudian James bekerja sebagai informan bagi Gubernur Woodes Rogers.

Ketika di Bahama, Anne mulai berhubungan dengan bajak laut di bar lokal. Ia bertemu dengan John "Calico Jack" Rackham, pasangan selingkuhnya. Ketika Rackham dan bajak laut lainnya sedang di sebuah pub, James Bonny menarik Anne ke hadapan Gubernur untuk dihukum cambuk karena telah selingkuh, James juga menawarkan pilihan lain pada Anne, yaitu Rackham harus membeli Anne. Anne jelas menolak diperjual-belikan seperti hewan, ia memilih untuk dihukum cambuk. Setelah itu, pada tahun 1718 ia dan Rackham pergi dari New Providence dan memulai hidup baru sebagai bajak laut.

Kehidupan sebagai bajak laut

Agar bisa bergabung dalam perjalanan Rackham, Anne menyamar menjadi pria. Walaupun seorang wanita, tapi Anne juga mengikuti peperangan dan melakukan kegiatan lainnya selayaknya pria. Bahkan kru-kru Rackham "The Revenge" menghormati Anne Bonny.

Beberapa tahun kemudian, Anne dan Rackham menyadari bahwa mereka tergolong sukses sebagai bajak laut, karena mereka telah menangkap kapal-kapal, mendapat banyak harta. Berdasarkan sebuah cerita, ia menusuk seorang kawannya di jantung ketika kawannya itu mengetahui identitas Anne sebagai wanita. Walaupun Anne merupakan salah satu bajak laut hebat yang terkemuka namun ia tak pernah berlayar dengan kapalnya sendiri.

Pertemuan dengan Mary Read

Sebenarnya, Anne bukanlah satu-satunya seorang bajak laut wanita di kapal Rackham. Mary Read, seorang kru wanita juga menyamar sebagai pria, setelah kapalnya disita ketika razia. Kemudian Anne mulai jatuh cinta pada Read. Tetapi akhirnya Read mengatakan bahwa dia adalah wanita. Lalu mereka saling berjanji tidak akan mengumbar rahasia masing-masing.

Namun, identitas Mary sebenarnya segera terbongkar akibat kecurigaan Rackham akan kedekatan Anne dengan Mary yang tiba-tiba lalu ia meminta penjelasan dari Mary. Mary menceritakan hal yang sebenarnya. Beruntung, Rackham memperbolehkannya untuk tinggal sebagai kru. Kejadian ini tidak mengakibatkan perubahan pada diri Mary. Ia tetap bekerja seperti sebelum identitasnya terbongkar.

Penangkapannya


Pada Oktober tahun 1720, Rackham dan krunya diserang oleh pasukan Kapten Jonathan Barnet, yang bekerja untuk Gubernur Jamaika. Sebagian besar kru Rackham tidak siap untuk berperang karena sedang mabuk. Kemudian, Anne dan Mary-lah yang melawan mereka. Namun Rackham kalah sehingga Rackham dan krunya dihukum gantung oleh Gubernur Jamaika. Kemudian, Anne mengunjungi Rackham dan berkata, "Aku menyesal melihatmu di sini Jack, tapi jika saat itu kamu bertarung seperti pria, sekarang kamu tak perlu digantung seperti seekor anjing."

Setelah mereka ditangkap, Mary dan Anne mengatakan kehamilan mereka. Sesuai hukum Inggris, mereka dipenjarakan dan ditunda eksekusinya hingga mereka melahirkan. Ada cerita yang mengatakan Mary Read meninggal dalam penjara karena demam. Ada juga yang berkata bahwa ia meninggal setelah melahirkan.

Sayangnya tidak ada catatan apakah Anne dibebaskan atau dieksekusi. Ada kemungkinan ayahnya menebus Anne dan ia kembali pada James Bonny atau ada kemungkinan ia kabur dan hidup sebagai bajak laut dengan identitas baru.Namun ada sebuah sumber menyatakan bahwa keturunan Anne mengatakan bahwa William Cormac (ayahnya) menebus Anne dan membawanya kembali ke Charleston. Lalu pada 21 Desember 1721, Anne menikah lagi dengan Joseph Burleigh dan memiliki 8 anak. Anne meninggal di Carolina Selatan sebagai wanita terhormat di usia 82 dan dikuburkan pada 25 April 1782.
Mary Read ( Unknown - 1721 )

Spoiler for Mary Read:


Quote:
Mary Read dikenang sebagai salah satu dari hanya 2 bajak laut wanita di Inggris. (yang satunya ya, Anne Bonny yang tadi).

Kehidupan Sebelumnya

IBu Mary Read menyamarkan Mary menjadi anak laki-laki sejak kematian kakak kandung Mary (nama tidak diketahui). Hal ini dilakukan agar Mary dan Ibunya terus terus menerima dukungan keuangan dari neneknya dari pihak ayah. Nenek rupanya tertipu, sehingga Mary dapat tinggal dalam warisan hingga masa remajanya. Masih berpakaian sebagai seorang anak laki-laki, Mary kemudian mendapat pekerjaan di sebuah kapal.

Setelah mempelajari realita kasar kehidupan di laut, ia berpindah kapal dan bergabung dengan Militer Inggris, bersekutu dengan pasukan Belanda dan Austria (mungkin dalam 'Nine Years War' atau selama Perang Suksesi Spanyol). Mary, dalam penyamarannya sebagai laki-laki dapat membuktikan diri melalui pertempuran. Tetapi ia jatuh cinta dengan seorang prajurit Flemish. Ketika mereka telah menikah, dia berpakaian sebagai seorang perempuan untuk pertama kalinya dalam hidupnya. Mereka menggunakan komisi militer sebagai sumber pendanaan untuk mendapatkan sebuah penginapan yang bernama "The Three Horseshoes" di dekat Benteng Breda di Belanda.

Setelah suaminya mati mendahuluinya, Mary kembali berpakaian laki-laki dan masuk ke dinas militer di Belanda. Tetapi karena tidak mendapatkan kenyamanan, dan tidak ada ruang untuk kemajuan, ia pun berhenti dan naik kapal menuju Hindia Barat.

Kehidupan Sebagai bajak Laut

Dalam Pelayaran Bajak Lautnya ke Hindia Barat, pada akhir tahun 1719 Mary bertemu dengan bajak laut bernama John "Calico Jack" Rackham dan rekannya, bajak laut wanita Anne Bonny setelah kapalnya dirazia.

Mary tetap berpakaian sebagai seorang laki-laki pada mulanya. Tidak ada yang tahu bahwa Mary perempuan sampai ketika Anne mulai menyukai Mary. Anne berpikir bahwa dia adalah seorang pemuda tampan. Kegilaan Anne kepada Mary memaksa Mary jujur bahwa dia adalah seorang wanita. Rackham, kekasih Anne, menjadi cemburu pada keakraban antara mereka dan mengancam akan memotong leher Mary. Mary pun akhirnya mengatakan yang sejujurnya bahwa dia dalah perempuan. Rackham pun akhirnya juga ikut dalam penjagaan rahasia itu, dan akhirnya melawan tradisi pelaut laki-laki dengan membiarkan wanita ikut menjadi kru.

Di kapal Rackham, Mary jatuh cinta dengan seorang navigator dan akhirnya hamil dengan navigator tersebut.
Ini dia kapten dari dua cewe itu Gan...


John 'Calico jack' Rackham (December 21, 1682 – November 18, 1720)



Spoiler for Calico Jack:
Quote:
John "Calico Jack" Rackham adalah yang paling diingat karena dua hal:
  1. Desain bendera Jolly Roger-nya yang berkontribusi pada popularisasi pembajakan dalam sejarah
  2. Mempekerjakan dua bajak laut perempuan yang terkenal sebagai bagian dari kru - Mary read dan Anne Bonny
Spoiler for bendera jolly roger:


Quote:
Rackham awalnya berlayar sebagai awak untuk Charles Vane, seorang kapten bajak laut Inggris. Pada 1718, Vane menolak untuk menyerang seorang Ksatria Perang Prancis. Anak buahnya sangat kecewa, sehingga para kru memilih Rackham untuk menggulingkan Vane yang seorang pengecut. Vane dilemparkan ke baling - baling kapal dengan sebuah sekoci kecil bersama beberapa awak yang telah memberikan suara menentang Rackham.

Setelah memperoleh kapten, "Calico Jack" membuat karier menjarah kapal kecil dekat dengan pantai. Kemudian ia melaju di dekat Jamaika, menangkap sejumlah kapal-kapal nelayan kecil, dan meneror nelayan dan perempuan di sepanjang pantai utara.
Spoiler for Mary, Anne, dan Rackham:

Category:  
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response.
0 Responses