Tanpa Uang Tunai Kita Pun Bisa

Tanpa Uang Tunai Kita Pun Bisa

Benarkah untuk berBisnis harus punya uang tunai dulu??? Kalau ini sih bukan rahasia Umum lagi dan itu sudah lumrah. Dan sangat tidak memungkinkan kalau kita memulai bisnis tanpa uang tunai.

Postingan Kali ini rasanya agak sama dengan postingan "Modal dengkul bisa untuk memulai bisnis" namun disini saya kembali mempertegas hal tersebut, karena dulu Inilah merupakan Pertanyaan yang sering timbul di dalam kepala saya ketika ingin memulai membuka sebuah bisnis baik itu ofline maupun online...Mungkinkah kita mulai bisnis tanpa memiliki uang tunai??? Dan setelah hampir setahun berjalan dan menelanjangi dunai blogging saya akhirnya mendapat banyak inspirasi dan pelajaran dari teman-teman blogger semuanya sehingga pertanyaan itu mampu saya jawab dengan kata "Mengapa tidak!!!" Namun jawaban ini bukan berarti kita harus tanpa Modal benaran......Karena Jawaban tersebut akan tercapai ketika kita mampu mengoptimalkan pemikiran kita, melakukan langkah nyata, memanfaatkan keahlian kita maka akan banyak jalan yang bisa ditempuh dalam menghadapi masalah permodalan untuk kita bisa memulai bisnis. Cuma masalahnya, darimana duit itu berasal? Logikanya, semua bisnis itu membutuhkan modal uang.

Memang, saya, anda ataupun kebanyakan orang selalu mengeluh ketiadaan modal uang sebagai alasan dan mejadi tameng paling ampuh yang membuat pribadi "enggan" berwirausaha. Padahal, modal yang paling penting sebenarnya bukanlah uang, tetapi modal non-fisik, yakni berupa motivasi, keberanian memulai yang mengebu-gebu, dan keahlian seperti yang ada pada postingan kemarin.


jika hal itu sudah bisa dipenuhi, maka mencari modal uang bukanlah persoalan yang tidak mungkin, meski secara pribadi kita tidak memiliki uang. Sementara kita telah tahu, bahwa peluang bisnis telah ada di depan mata. Tentu, alangkah baiknya jika kita tidak menundanya untuk memulai berbisnis.

Contohnya:
saat ini di dunia ofline saya memulai menjalankan usaha kecil-kecilan yaitu menjadi seorang perantara dan itu pun sembarang saya lakukan asal saya tidak menjadi seorang perantara bisnis Narkoba, Bisnis Pelacuran/Germo dan bisnis-bisnis lain yang melanggar hukum pasti akan saya jauhi. saat ini saya hanya menjadi perantara barang-barang elektronik seperti komputer dan tetek bengeknya dan jika ada orang yang memesan komputer ya saya usahakan membujuk dia agar mau saya rakitkan dan kalau itu jadi maka kesempatan untuk mendapatkan uang adalah untuk membeli segelas dan sebatang Rokok, dan untuk handphone biasanya saya mencari informasi siapa teman-teman yang lagi kepepet atau sedang ingin menjual maka segera saya cari tahu apa lagi saat bayar kuliah biasanya banyak teman-teman yang jual (soalnya ini pengalaman pribadi sering jual saat2 bayar kuliah..wekekeek). Nah kalau itu sudah kita jalankan maka Keuntungan yang kita dapat bisa dari komisi penjualan atau cara lain atas kesepakatan kita dengan pemilik produk. Saya yakin, kita pasti bisa melakukannya.

Contoh:
Didunia Online awal dulu saya hanya menjadi seorang perantara jualan domain dan saya hanya mendapat beberapa porsen saja namun setelah lama-lama akhirnya saya disuruh untuk menjadi reseller domain dan menjadi reseller ini saya tidak memakai modal sama sekali entah malahan saya yang dimodalin dan modal utama saya adalah berusaha menjalin kepercayaan dan berusaha untuk mencari target penjualan yang tinggi supaya rasa kepercayaan itu bertambah namun karena saya belum benar2 berpengalaman saya hanya mampu menjual sedikit saja dan untuk saat ini akibat dollar naik ...... atau bisa saja mungkin kita belajar berjualan barang yaitu dengan menjadi affiliati di amazon.

Diatas hanya contoh kecil saja dan cara lainnya seperti, Kita bisa juga membuat usaha dengan cara konsumen melakukan pembayaran di muka. Untuk hal ini kita bisa mencari bisnis/usaha dimana konsumen yang jadi sasaran usaha/bisnis kita itu mau membayar atau mengeluarkan uang dulu sebelum proses bisnis, baik jasa maupun produk, itu terjadi. atau bisa saja modal itu kita dapatkan dri konsumen yang ingin membeli barang tersebut misalnya, ada orang yang memesan barang pada kita, namun sebelum barang yang dipesan itu jadi, pihak konsumen sudah memberikan uang muka dulu. Artinya, itu sama saja kita telah diberi modal oleh konsumen dan cara ini sering saya lakukan di dunia Ofline namun yang lebih penting adalah kita bangun kepercayaan.

Masih banyak yang bisa kita lakukan asal kita mau dan tidak gengsi untuk memulai suatu usaha dan tentu saja semua itu memerlukan pengorbanan serta perjuangan yang berat karena hal ini tidak semudah yang kita bayangkan dan tidak semudah membalikkan telapak tangan. Dan yang lebih terpenting lagi adalah mungkin ini khusus teman-teman pelajar atau mahasiswa agar bisa mengatur dan memanejemen waktu jangan sampai kejadian seperti saya terulangi pada diri teman-teman karena terlalu saya mendalami dunia bisnis ini akhirnya saya hancur juga dikuliah dan inilah kekurangan diri saya...dan satu Pesan saya Bahwa BERMIMPI DAN BERKHAYAL UNTUK MENJADI ORANG KAYA BOLEH SAJA..TAPI MIMPI DAN KHAYALANNYA JANGAN TERLALU LAMA NANTI TIDAK BANGUN-BANGUN...INGAT KITA SEBAGAI PEMULA YANG BARU MEMULAI JANGAN TERLALU BERHARAP UNTUK MENDAPATKAN KEUNTUNGAN BESAR DENGAN CEPAT YANG PENTING JALANI DAN TEKUNI DENGAN KESABARAN DAN PELAJARI KEGAGALAN YANG PERNAH KITA ALAMI...

Category:  
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response.
0 Responses