Bale Raos, Royal Cuisine Restaurant

Kraton Yogyakarta sebagai pusat budaya, kaya dengan aneka jenis budaya adiluhung yang hingga kini masih cukup exis, salah satunya budaya makanan. Kini masyarakat dapat mencoba aneka Hidangan Khas Kraton Yogyakarta yang disuguhkan oleh Bale Raos.

Bale Raos terletak di seputar Kraton Yogyakarta, dalam nuansa arsitek Jawa, bangunan Joglo yang berdiri dengan agung, serta aura Kraton yang kental menambah anda semakin menikmati hidangan di Bale Raos.

Bale Raos Restoran mempunyai kapasitas indoor 80 seat yang terbagi di dua joglo serta kapasitas sampai 200 seat dalam bentuk kombinasi indoor dan out door party, dengan opening hour adalah jam 09.30 - 21.30 WIB (kecuali hari senin buka 09.30 - 15.00 WIB).

Sajian hidangan di Bale Raos dapat dinikmati secara:

* A’la Carte, buffet lunch or dinner

* Sajian set menu (full serve waiters)

* Jamuan riztaffel yang anggun

Selain menikmati hidangan yang khas, pada hari-hari tertentu dapat dihadirkan live gamelan dan tarian jawa klasik (beksan), dan setiap Sabtu malam Bale Raos menyajikan live performance musik keroncongan.

Juru masak yang terlatih akan menyuguhkan hidangan bercita rasa tinggi yaitu masakan favourite dari Sri Sultan Hamengku Buwono VII sampai ke Sultan Hamengku Buwono X, serta berbagai hidangan keluarga Kraton Yogyakarta.

Bale Raos merupakan pilihan tepat untuk berbagai acara baik formal maupun non formal. Antara lain acara keluarga, menjamu relasi, gathering, private party, maupun sebagai tempat wisata kuliner yang khas dan authentic.

Sajian menu-menu authentice dari Kraton Yogyakarta, antara lain:

* Bebek Suwir Suwir (Sultan HB X)

Menu khusus kraton Yogyakarta, terbuat dari irisan daging bebek yang disajikan dengan irisan nanas goreng dan saus kedondong parut.

* Semur Piyik (Sultan HB IX)

Hidangan unik terbuat dari olahan burung dara.

* Urip Urip Gulung (Sultan HB VII)

Ikan lele fillet yang digulung kemudian dipanggang disajikan dengan saus mangut.

* Sanggar (Sultan HB VIII - HB X)

Menu asli dari Kraton Yogyakarta yang dibuat dari irisan daging sapi dengan bumbu rempah yang dipanggang dengan saputan kelapa dan dijepit dengan bilah bambu.

* Soup Timlo (Sultan HB X)

Soup jawa klasik kombinasi rasa jahe dan kecap serta paduan aneka bahan.

* Beer Jawa (Sultan HB VIII)

Minuman asli dari Kraton Yogyakarta yang dibuat dari berbagai ramuan seperti jahe, kayu secang, cengkeh, jeruk nipis, dll.

Aneka menu eksotik di Bale Raos:

* Kambing Panggang.

* Bestik Lidah

Variasi sajian bestik lidah sapi dengan saus kental disajikan dengan kentang ongklok dan serces (sejenis stoop sayuran favourite Sri Sultan HB IX).

* Bestik Jawa

Sapi giling dengan kuah semur manis disajikan bersama dengan pure kentang dan sauted sayuran.

* Bebek Ungkep Goreng

Hidangan bebek yang diungkep dalam gula merah dengan bumbu-bumbu dan digoreng dengan rasa manis.

Category:  
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response.
0 Responses