Apa yang Dipikirkan Orang Tentang Hari Tua?

WASHINGTON - Persepsi setiap orang akan berbeda-beda tentang hari tua. Mereka yang berusia antara 18 dan 29 tahun mengatakan seseorang dikatakan tua saat menginjak usia 60.

Lain halnya dengan mereka yang berada pada rentang usia 65 tahunan. Mereka akan mengatakan masa tua dimulai pada usia 74.

Ada persepsi lain yang menarik berkaitan hal ini. Survei yang diadakan Pew Research Center terhadap sejumlah generasi muda mengungkapkan perbedaan tentang apa yang mereka pikirkan akan terjadi saat memasuki hari tua. Demikian keterangan yang dikutip dari Livescience, Selasa (30/62009).

Partisipan berusia antara 18 dan 64 tahun diminta mengungkapkan apa yang mereka pikir akan terjadi di masa tua mereka.

Sementara itu, mereka yang berusia 65 tahun ke atas diminta menceritakan apa yang telah terjadi dalam kehidupan mereka.

Hasil studi mengatakan, 57 persen berpikir mereka akan menjadi pikun sementara 25 persen lainnya mengatakan hal itu tidak akan terjadi.

Sebanyak 45 persen menganggap mereka akan kehilangan kemampuan menyetir mobil, 14 persen lainnya mengatakan mereka akan tetap bisa menyetir.

Penyakit memang kerap kali menghampiri para manula. Rupanya 42 persen partisipan setuju bahwa seseorang akan menderita penyakit serius saat memasuki usia tua. Namun 21 persen partisipan menolak pendapat tersebut.

Sebanyak 34 persen partisipan berpikir mereka tidak akan aktif secara seksual ketika sudah tua. Sebaliknya 21 persen menyatakan mereka akan tetap memiliki kehidupan seks yang menyenangkan meski sudah lanjut usia.

Namun yang terpenting dari survei ini adalah pengakuan sebanyak 79 persen lanjut usia mengatakan bahwa mereka memiliki kehidupan seks yang menyenangkan. Ini bertentangan dengan apa yang dipikirkan para generasi muda.

Studi terpisah yang diterbitkan di New England Journal of Medicine tahun 2007 menemukan bahwa lebih dari setengah para lanjut usia antara 75 dan 85 tahun melakukan aktivitas seks setidaknya dua kali sepekan.

Kenyataan lain mengungkapkan sebagian besar dari para manula tetap bisa menyetir mobil, jika keadaanya memungkinkan.

Dengan demikian, kesimpulan dari hasil penelitian ini membenarkan persepsi yang mengatakan bahwa mereka yang memasuki masa lanjut usia adalah manula yang berbahagia. (srn)-Rachmatunnisa - Okezone

Category:  
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response.
0 Responses