Membuat Page WordPress

Pada WordPress, page merupakan halaman yang berisi posting yang ditujukan untuk konten blog yang jarang diubah. Contohnya informasi mengenai Anda sebagai pengelola situs atau informasi mengenai website atau blog Anda. Biasanya informasi ini dimuat pada page bernama About. Page ini langsung muncul begitu Anda instal WordPress. Anda dapat membuat page lainnya misalnya tentang peta situs Anda.

Page dapat dibuat secara hirarki, misalnya subpage yang merupakan bagian dari page (di atasnya). Contoh, page About dapat Anda buat memiliki subpage (”page anak”) misalnya Kami yaitu page tentang Anda, dan Famili yaitu page tentang keluarga Anda. Susunan hirarki tidak terbatas.

Berikut tutorial membuat page yang sama dengan membuat posting biasa:

  1. Klik [Add New] pada menu [Pages].

    Buat page

  2. Pada bagian editing ketikkan judul. Judul ini akan menjadi judul page Anda, jadi buatlah judul dengan satu kata atau paling banyak dua kata. Kemudian ketikkan teks dan tambahkan gambar atau video, sama seperti Anda posting artikel untuk mengisi blog Anda.
  3. Klik [Allow Comments] pada bagian [Discussion] bila Anda menerima komentar dari pengunjung website Anda. Klik [Allow Pings] bila Anda mengijinkan page ini ditautkan dengan blog atau website milik orang lain.
  4. Pada bagian [Attributes], ada pilihan [Parent] yaitu apakah page yang baru Anda buat merupakan subpage dari page yang sudah ada. Bila tidak, pilih [Main Page (no parent)], bila ya pilih nama page yang menjadi “parent-nya”.
  5. Pada bagian [Attributes], juga ada pilihan [Template]. Pada themes tertentu menyediakan template untuk page yang bisa Anda pakai. Template bisa berupa layout tertentu yang siap pakai atau juga memiliki fitur tertentu. Bila tersedia akan terlihat pada pilihan di sini.
  6. Pada bagian [Attributes] ini juga Anda dapat menentukan posisi page. Biasanya page diurutkan berdasar alfabetis dari nama/judul page. Isilah dengan angka pada isian [Order].

    Template pages

  7. Klik [Publish] bila Anda telah selesai membuat page. Kini page telah menjadi bagian dari blog Anda.
  8. Bila suatu saat Anda ingin menyunting atau memperbarui isi page Anda klik [Edit] pada menu [Pages]. Caranya sama dengan edit posting-an artikel.

Demikian tutorial membuat page pada blog atau website WordPress.

Category:  
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response.
0 Responses