Blogger Blogspot Template

Blogger templates juga tidak lepas dari lirikan mata sang designer untuk meng-gratiskan-nya, meskipun pada kenyataannya ada juga sih yang harus dibayar.

kenapa demikian? ini mungkin karena template atau layout tersebut memiliki keistimewaan yang lebih dibanding template-template yang lain.

Navigasi: apa itu template || blogger template ||XML |HTML |Bagaimana menggunakan template


Apa itu Template

Template adalah desain halaman web atau blog untuk menentukan bagaimana dan dimana suatu komponen akan diletakkan. pada umumnya template dibentuk dengan menggunakan tag dan stylesheet. dengan stylesheet atau yang biasa disebut CSS ini akan mengatur suatu komponen tag HTML yang telah di sisipkan pada masing-masing komponen. walaupun sebenarnya tanpa CSSpun hal ini dapat dilakukan. untuk lebih jelasnya seperti apa dan bagaimana template itu maka seperti yang anda lihat sekarang ini yang mana terdiri dari: header (tempat menampilkan nama blog/web dan diskripsi), main (menampilkan posting dan embel-embelnya), Sidebar (tempat link, kategori, navigasi, dan lain-lain). kesemuanya itu tergantung bagaimana sang desain mengaturnya.

Apa itu blogger template/layout blogspot

Blogger template atau template blogspot untuk saat ini terdiri dari dua jenis (versi) yaitu xml dan html.
nah untuk template versi xml sendiri biasa juga disebut dengan blogger template beta, new blogger template atau layout blogspot.
sedangkan untuk versi html disebut juga dengan old blogger template, blogger template html, blogger template classic, template blogspot. untuk lebih jelasnya appasih mahluk bernama XML dan HTML ini lanjutkan bacaan anda.

Apa itu XML
  • XML singkatan dari EXtensible Markup Language
  • XML memungkinkan kita untuk mengumpulkan informasi dan menggunakannya kembali dengan berbagai cara.
  • Data XML tidak dibatasi pada satu format aplikasi. Kita dapat mendisain suatu dokumen XML yang memungkinkan kita untuk mengumpulkan data secara online dan menggunakannya dalam dokumen yang berbeda, database, dan spreadsheet. Sebagai contoh, seandainya perusahaan kita mengumpulkan informasi-informasi penjualan terhadap suatu produk menggunakan dokumen XML yang terisi data. Data XML yang sama bisa digunakan untk membuat arsip pembelian, laporan pengawasan, dan grafik penjualan.
  • XML adalah Markup Language— menggunakan tag-tag dalam pa-label-an, menggolongkan, dan mengorganisir informasi dengan cara tertentu. Markup menjelaskan tentang dokumen atau struktur data dan organisasi.
  • The Extensible Markup Language (XML) is a general-purpose specification for creating custom markup languages.It is classified as an extensible language because it allows its users to define their own elements. Its primary purpose is to help information systems share structured data, particularly via the Internet, and it is used both to encode documents and to serialize data. In the latter context, it is comparable with other text-based serialization languages such as JSON and YAML.
Apa itu HTML

HTML singkatan dari Hyper Text Markup Language adalah file teks atau file ASCII yang berisi instruksi/script kepada web browser untuk menampilkan suatu tampilan grafis dari sebuah halaman web. Didalam file HTML terdapat beberapa "tag" atau kode-kode yang dimengerti oleh web browser dan dapat menampilkannya di layar monitor.
File HTML dapat dibuat dengan aplikasi text editor apapun di sistem operasi apapun, antara lain : Notepad di Windows, emasc atau vi di Unix atau SimpleText di Macintosh. File HTML ini juga bisa dibuat di aplikasi word processor apapun asalkan saat menyimpan file tersebut disimpan dengan format text-only.

Salah satu kelebihan file HTML adalah cross platform, artinya file HTML dapat ditampilkan di beberapa Operating System (OS) yang berbeda dan memiliki tampilan yang sama walaupun saat pembuatannya menggunakan satu OS tertentu saja.

Bagaimana menggunakan template dan layout blogspot

Sebagai pengguna blogspot, tentu saja ada cara yang harus dilakukan agar template dan layout blog dapat diganti. Cara pemasangan template dengan versi xml dapat dlihat disini dan disana untuk versi HTML.
Namun ada yang perlu diingat...!!! bila anda menciptakan sebuah blog pada blogspot, maka secara default saat ini adalah akan terpasang template versi XML, olehnya itu anda perlu me-revert (kembalikan) ke bentuk klasik dengan cara :
Klik menu "template", selanjutnya pilih link tab "Edit HTML". Kemudian klik "Revert to Classic Template" pada bagian bawah text area code.

Category:  
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response.
0 Responses