Akses Shell Ubuntu dari Windows XP

Setelah menginstal Ubuntu, timbul keinginan untuk mencoba mengakses shell Ubuntu dari Windows XP. Protokol yang digunakan adalah SSH (Secure Shell). SSH adalah sebuah protokol yang menerapkan enkripsi untuk membuat sebuah channel (kanal) yang aman dari komputer lokal ke komputer remote. Biasanya digunakan untuk mengeksekusi perintah pada komputer remote melalui terminal. Untuk keperluan ini, saya menggunakan sebuah software kecil tetapi powerful yaitu PuTTY. Setelah mengetikkan IP Address komputer remote (Ubuntu), dan menekan tombol enter, apa yang terjadi ternyata tidak sesuai dengan harapan semula. Bukannya muncul prompt login, eh malah connection refused, seperti gambar di bawah ini.


Setelah berdiskusi sama om Google, ternyata ada service yang tidak dijalankan sehingga shell Ubuntu tidak dapat diakses. Nah, service SSH inilah yang tidak tersedia pada instalasi default Ubuntu. Kali ini saya akan mencoba menginstal SSH dengan menggunakan Advance Packaging Tool (APT).

Seperti biasa, untuk urusan instal menginstal, kita perlu root permission. Di terminal saya mengetikkan su, diikuti dengan password.

su


Ok, setelah sukses mendapat akses root, saya melanjutkan dengan meng-update paket Ubuntu dengan mengetikkan (lihat gambar di bawah):

apt-get update


Setelah ini saya akan menjalankan perintah apt untuk instalasi SSH. Apt tidak hanya akan menginstal OpenSSH, tetapi juga file-file yang dibutuhkan (dependency). Perintah untuk menginstal SSH (terlihat seperti gambar di bawah):

apt-get install ssh


Gambar di bawah ini memperlihatkan instalasi OpenSSH telah selesai:


Ok, sekarang saatnya mencoba. Dari Windows XP saya menjalankan PuTTY untuk mengakses Ubuntu. Pertama kali terkoneksi ke Ubuntu akan muncul peringatan seperti gambar di bawah ini. Saya menekan tombol yes agar dapat menggunakan shell di Ubuntu.



Setelah muncul prompt login, saya memasukkan nama user dan password seperti gambar di bawah ini.


Bila nama user dan password benar, maka akan muncul prompt $ (lihat gambar di bawah). Artinya kita sudah bisa mengakses shell Ubuntu.


Kalo sudah bisa mengakses shell Ubuntu, tentu saja kita bisa bermain-main dengan perintah Linux (lihat gambar di bawah).


NB: Untuk dapat menginstal OpenSSH dengan cara di atas, Linux Ubuntu harus terhubung dengan Internet.

Sekedar informasi, OpenSSH dikembangkan oleh The OpenBSD Project. OpenSSH ini adalah versi gratis dari SSH connectivity tool. Pengguna telnet, rlogin dan ftp mengirim password mereka tanpa dienkripsi. Tetapi OpenSSH mengenkripsi seluruh trafik data. Woww… Untuk lebih jelasnya, bisa tanya ama om Google atau klik http://www.openssh.com.

Semoga berguna…

Category:  
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response.
0 Responses