Menyusui Sehat Bagi Jantung


Jakarta Air Susu Ibu atau ASI terbukti sangat bermanfaat bagi bayi. Namun ternyata bagi sang ibu, kegiatan menyusui juga berguna lho! Misalnya untuk menyehatkan jantung.

Penelitian itu dilakukan oleh para peneliti dari Universita Pittsburgh, Amerika Serikat. Dikutip detikhot dari Fox News, Rabu (29/4/2009) , sebanyak 140 ribu ibu-ibu yang menyusui bayinya menjadi objeknya.

Pada penelitian tersebut terbukti bahwa menyusui dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi, diabetes, kolesterol tinggi, dan penyakit cardiovascular atau jantung setelah menopause.

Dr. Eleanor Bimla Schwarz dari Universitas Pittsburgh mengatakan bahwa manfaat dari menyusui terhadap resiko cardiovascular adalah tergantung 'dosis' menyusui. Semakin panjang durasi menyusui, maka semakin baik manfaatnya

Perempuan dengan riwayat hidup menyusui lebih dari 12 bulan, cenderung lebih jarang terkena penyakit tekanan darah tinggi, diabetes, kolesterol tinggi dan penyakit jantung dibandingkan dengan ibu-ibu yang tidak pernah menyusui.

Schwarz berspekulasi bahwa menyusui mengurangi lemak tubuh. Oleh karena itulah risiko terkena penyakit jantung atau cardiovascular pun semakin kecil.(kee/kee)

 
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response.
0 Responses