Menjadi Programmer Otodidak, Solusi Sukses Tanpa Kuliah

Menjadi Programmer Otodidak, Solusi Sukses Tanpa Kuliah, solusi agar duit anda benar-benar melimpah, tidak susah cari kerja, dijamin tidak akan nganggur, tidak perlu kuliah berlama lama yang hasilnya juga belum tentu jelas, tidak perlu keluar duit banyak untuk biaya kuliah yang semakin selangit, Turut membantu pemerintah, membantu orang tua, membantu diri sendiri dalam rangka penciptaan lapangan kerja, dalam rangka mengurangi tingkat pengangguran dan tentu saja siap mendapatkan $100 dollar tiap hari dari kemampuan programming, kemampuan berkarya serta mengais rejeki di internet.

Saya Memang Pernah Kuliah, tapi Ijasah saya dan Ilmu saya Tidak Terpakai

Agar saya tidak omong kosong tanpa bukti, maka injinkan saya membahas masa lalu saya, masa kuliah saya. Saya kuliah di perkapalan ITS, saya bangga dengan ITS yang telah memberi kesempatan saya untuk kuliah, namun saya minta maaf karena tidak bisa membantu mengembangkan dunia perkapalan di Indonesia.

Saya juga berterima kasih kepada bapak Asjhar Imron kepada lab Komputer kala itu yang memberi fasilitas gratis pada saya, bapak Prof. Suegiono sebagai Dekan kala itu, dan kepada Ir. Haryono Sigit mantan rektor ITS (bapaknya Maia Dhani), serta pada Prof Oedjoe Djoeriaman, yang mewisuda kala itu.

Seandainya Ada Internet Seperti Sekarang mungkin saya tidak Kuliah

Bagi orang sepeti saya yang kala itu tidak ada uang untuk biaya kuliah, dan suka utak atik komputer, maka kuliah tidak terlalu penting apalagi saya tidak menjadi pegawai negeri. Dari pada uang dih yambur-hamburkan untuk kuliah yang tidak sesuai bidang, atau hanya sekedar cari titel, maka alangkah bijaksana waktu, tenaga dan biaya digunakan untuk belajar online, belajar dari internet.

Saya salut kepada mas Bayu Mukti www.bayumukti.com, yang dengan PDnya tidak kuliah tapi mulai berbisnis online lewat blognya yang semakin lama semakin rame, juga banyak teman-teman yang lain meskipun tidak sampai menggenyang bangku kuliah tapi sukses di dunia Bisnis.

Saya juga bangga punya teman blognya kadung.com, yang belum lulus S1, tapi karya programmingnya bisa dinikmati banyak orang.

Ilmu di Internet Melimpah, Jauh melebihi didunia Kampus di Indonesia

Kalau kita rajin, maka sangat banyak, dan bahkan boleh saya katakan melimpah, baik yang gratis maupaun yang berbayar. Saat ini ilmu di Internet benar benar di OBRAL. Apa yang tidak ada, mulai dari ilmu sesat sampai ilmu yang bermanfaaat semua tersedia melimpah. Hanya tinggal mengetikkan kata kunci atau keyword di mesin pencari seperti google.com, atau yahoo.com.

Forum forum Diskusi, Social network, Group-group DiskusiIlmu Tertentu Bertebaran

Apapun yang anda tanyakan, Insya Allah akan ada jawabannya di Internet. Anda tinggal masuk dalam kelompok diskusi, forum diskusi, atau komunitas online lainnya. Tidak ada alasan tidak bisa, masalahnya hanya satu mungkin kita pemalas dan tidak mau berlajar dan bertanya.

Menjadi Programmer Otodidak, Solusi Sukses Tanpa Kuliah

Ada beberapa kunci agar kita sukses menjadi programmer online, tanpa kuliah:

1. Kuasai bahasa Inggris, paling tidak bisa membaca dokumen, kalau masih belum bisa belajar secara bertahap, gunakan kamus online, gunakan translate online seperti google translate, semua gratis dan dengan mudah anda dapatkan di internet.

1.2. Segera beli Komputer atau notebook, sebagai alat wajib yang harus dimiliki, kalau tidak ada duit jadi operator warnet yang pemiliknya baik hati.

1.3. Sambung dengan koneksi internet, baik lewat HP, atau ke Warnet, kabar bagus kalau anda punya notebook WIFI, anda bisa dapat akses gratis pake fasilitas HOTSPOT. yang tersebar di seluruh penjuru.

2. Pelajari Materi Pokok, atau mata kuliah pokok yaitu Belajar coding, mulai dari logika sederhana yaitu menampilkan kata “Hello Word”, baik untuk program dekstop mauapun untuk web programming.

3. Mulai praktek, jangan banyak terori, nanti gak kelar-kelar.

4. Saat ini ada 2 kelompok programming dari segi tampilan atau output yaitu Web Programming, seperti PHP, Java, JSP dan ASP. Dan desktop programming seperti C, Visual Basic, Delphi, Java desktop.

4.2. Pelajari sesuai target Kalau ingin buat website terprogram kuasai saja PHP. di internet materi ini tersedia melimpah ruah. Buat program sederhana dulu, dan semua ada contoh, ikuti dan coba praktekkan.

4.3. Untuk desktop gunakan Visual C, Visual Basic, Delphi, atau Java, saya anjurkan Visual basic atau delphi, tapi jika ingin jago kuasai C++.

5. Pelajari dan kuasai Database SQL, contoh Mysql, Oracle, Interbase, Microsoft SQL, Postgre SQL dan pulihan SQL lainnya. Yang populer Mysql dan Postgree terutama aplikasi web base.

6. Pelajari dan Kuasai jaringan Komputer dan Internet

7. Pelajari dan Kuasai Desain seperti photoshop, meskipun anda tidak suka.

8. Untuk mengusai minimal satu bidang dibutuhkan minimal 1 tahun, dan master 4 tahun, dan jika kita serius maka semakin lama semakin mantap, dan semakin banyak orang yang menawari anda.

9. Agar lebih PD kontrak atau kos di deket anak kuliah Jurusan IT, bila perlu kadang-kadang ikuti kuliahnya, (saya dulu pernal melakukan ikut nylonong kuliah pada jurusan lain, yaitu anak komputer), tapi jangan sering-sering bisa ketahuan, dan malu. hihihi.

10. Kalau Ingin jadi Programer handal jangan lupa nanti pelajari: UML, ER, CRUD, DFD, Flowchart and Mind Map.

a.Ayo Raih Prestasi, meskipun anda tidak kuliah.
b.Bagun komunitas online yang banyak tersedia di internet.
c.Fokus pada satu tujuan, yakin bahwa kita bisa, tanpa harus kuliah.
d. Praktek, praktek dan praktek, Coba, coba dan coba.
Masihkan menyalahkan Pemerintah, Orang tua, keadaan, nasip, saya rasa saatnya menyalahkan diri sendiri, dimana peluang begitu banyak,kesempatan begitu terbuka tapi kita tidak melakukan apa apa. Ayo……semangat, kerja keras, kerja cerdas, kerja untuk masa depan yang gemilang, tanpa menjadi beban orang orang lain dan beban bagi diri sendiri.

Tidak ada programmer instan, tetapi dengan membanjirnya informasi di internet harusnya bisa mempercepat proses belajar. Hanya keingian dan keyakinan kuat yang bisa membedakan programmer otodidak yang sukses, dan semua itu butuh waktu, tenaga, biaya, pikiran, kemauan dan pengorbanan.

Referensi
http://www.php.net, www.zend.com

www.hotscripts.com


http://www.mysql.com

http://www.w3schools.com/sql/default.asp

http://www.borland.com, http://www.torry.net (untuk delphi)
http://delphi.about.com/

http://www.vbtutor.net/vbtutor.html

http://msdn.microsoft.com/en-us/vbasic/default.aspx

http://www.cprogramming.com/tutorial.html

http://www.ilmukomputer.com

Peluang Kerja Menunggu Anda
1. Web programmer, Web Admin
2. Web Admin, database Administrator,
3. Membuat aplikasi siap pakai,
4. Kerja di perusahaan International.
5. Dan 1001 peluang kerja online dan offline.

Sedikit pengalaman menjadi programmer otodidak, Alhamdulillah bisa menikmati dan mensyukurni nikmat yang ada.
Kalau saya bisa, Anda pasti Bisa (Insya Allah)

Catatan:

Sebagai wujud turut mencerdaskan bangsa, dan membantu yang ingin dibantu,

Insya Allah Saya bersedia memberi intro belajar programming yang sukses,

Bersedia memberi pelatihan Robot Forex Gratis,

Bersedia memberi pelatihan Internet marketing Gratis Yang Saya Bisa dan yang saya tahu.

Belajar SEO juga gratis,

Mengadakan pelatihan Gratis Peluang Bisnis Hotspot / RT-RW NET

Semua GRATIS, di Taman Dayu, Pandaan Pasuruan, Jawa Timur

Jadwal Tiap hari, 24 Jam selama saya kosong dan nganggur, Call dulu di 08175016006 (maaf SMS kadang ga kebaca)

Sementara tidak melayani YM, biar lebih mantap datang saja, yang datang berarti anda serius.

Jadwal untuk bulan April 2009 (kecuali hari sabtu, minggu, khsusu untuk anak dan istri).

Category:  
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response.
0 Responses