Adakah blogger instan?

Ketika saya online via YM! saya ehm_caem, banyak sobat yang tanya kepada saya, “maz gimana supaya blog saya bagus, bagi-bagi dunk tipsnya?”, lalu saya menjawab “Wealah maz/mbak, wong saya sendiri juga masih belajar juga kok, nanti lama-lama juga bisa sendiri” (dalam perasaan saya sendiri ketika ditanya seperti itu, kadang saya merasa tinggi hati, lalu dengan segera saya tepis lagi, saya sadar bahwasanya semua blogger itu adalah sama). Tidak ada junior dan senior, menurut saya yang membedakan adalah jumlah jam terbang seseorang dalam berinteraksi dengan internet dan mengelola blognya.

Banyak sobat yang tanya, terutama adik-adik pramuka saya yang tanya bagaimana supaya bagus blognya. Ya itulah pertanyaan-pertanyaan yang kadang sering tidak bisa saya jawab, dan kadang pula, saya hanya merekomendasikan sebuah situs yang mengulas tentang tutorial blog bagi pemula. Dan tidak jarang pula saya hanya menjawab, “silahkan anda googling saja, semua ada disitu kok”. Ya untuk menjadi seorang blogger menurut saya yang dibutuhkan adalah kemauan untuk belajar dan membaca, karena apa?, dengan kemauan dan membaca itu adalah modal utama seorang untuk menjadi blogger, dengan banyak membaca, maka akan semakin tahu perkembangan tentang ngeblog, baik dari sisi desain blog, tata cara penulisan dan sebagainya yang intinya dengan membaca banyak tutorial tentang ngeblog, seorang blogger akan tahu bagaimana ia akan merangkai blognya sebagus mungkin.

Pengalaman saya, seperti saya singgung pada postingan catatan tutup tahun 2008 kemarin, sebelum saya beranjak dan berpindah rumah disini dengan alamat www.arifudin.net, saya mencoba terlebih dahulu dengan fasilitas penyedia blog online, blogger, blogsome, wordpress, friendster, semua saya coba. Dan mungkin saya dapat simpulkan bahwasanya bila kita ingin belajar mengoprek theme/template sebuah blog menurut saya lebih mudah menggunakan fasilitas dari blogger, yup disana kita bisa bebas memilih berbagai theme blog, sehingga kita lebih leluasa mengobark-abrik serta mempermaks dengan sesuai keinginan kita. baik dari segi fiturpun sekarang blogger pun tidak kalah dengan penyedia blog lainnya.

Wordpress saya juga mencoba, dan saya masih terus menggunakan sampai sekarang. keunggulan wordpress menurut saya adalah ke-instannya, cepatnya untuk membangunnya. hanya register, pilih template, jadi dech. Dan menurut saya fitur yang ada dalam wordpress ini adalah cocok bagi seseorang blogger pemula yang tidak ingin tahu banyak tentang masalah coding. Sehingga kita bisa langsung bisa mengeluarkan, dan menuliskan ide-ide kita dalam blog kita dengan cepat. Dan wordpress ini selalu upgrade dari versi terdahulunya. Tapi kelemahan wordpress yang disediakan gratis bagi saya adalah kita tidak leluasa mengedit kode HTMLnya dan CSSnya, sehingga tampilannya hanya bisa dengan tampilan sesuai theme yang sudah disediakan.

Membaca sudah, menganalisis penyedia fasilitas blog gratis sudah, lalu yang perlu diperhatikan menurut saya adalah jam terbang seseorang blogger. Berapa lama kah kita memantengi monitor?, semakin lama jam nya maka akan semakin bertambah pula pengalaman dalam ngeblognya. Disini saya mengatakan lamanya jam terbang dalam berinternet adalah lamanya sesorang dalam mengelola blognya, bukan mengotak-atik yang lain (kan banyak hal-hal lain dalam internet). Jadi dibutuhkan waktu juga untuk mempunyai blog yang cakep kayak punya saya (hi.. la kok PD).

Tips saya bagi sobat blogger pemula, yang baru punya blog adalah kelola terlebih dahulu blog kita meskipun gratisan, karena banyak blog yang hanya gratisan juga bisa menghasilkan uang lho, kemudian rajin-rajinlah surfing dengan membaca tentang dunia perblogan, kemudian perbanyak jam terbang kita dalam ngeblog. InsyAlloh itu saja cukup untuk menjadi seorang blogger. Dan setelah kira-kira kita menguasai penuh blog kita yang gratisan, maka kita bisa membuat blog yang bersifat komersil, alias berbayar dengan menyewa hosting dan domain, sehingga blog kita lebih keren.

Jadi kesimpulan saya tentang adakah blogger instan?, maka saya menjawab tidak, semua hal pasti ada prosesnya, dan proses adalah membutuhkan waktu. Jadi kita harus bersabar, telaten, dan tetap semangat!… (maaf bila tulisan saya ini penuh ke-GR-an he…he…, saya hanya mencoba sharing kepada sobat semua tentang pengalaman ngeblog saya). See… you….. muach…

Category:  
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response.
0 Responses