legenda para tank

Selama satu abad terakhir, lusinan tank telah dirancang dan diproduksi untuk menciptakan jalurnya sendiri didalam arena pertempuran diberbagai belahan dunia. Berdasarkan pakar para ahli, polling, dan perbandingan teknis, telah dibuat 5 parameter untuk menentukan 10 tank terbaik yang pernah dibuat. Setiap tank diberi penilaian berdasarkan kategori: kekuatan tembak, armor (proteksi/pertahanan), mobilitas, jumlah produksi, dan ketakutan yang dapat ditimbulkan tank ini pada masanya. Kelima parameter ini kemudian dijadikan nilai total dari setiap tank.


DIMULAI DARI YANG PALING RENDAH PERINGKATNYA:


10. M-4 SHERMAN (US)

Spoiler for Sebuah gambar yang menampilkan kesan elegan dari M-4 Sherman berhasil diambil dan dirilis oleh War Production Board, 1944:

Top Speed : 38,6 km/h
Jangkauan gerak : 160,9 km
Mesin : Radial Nine-Cylinder Ford engine
Power-weight ratio : 15,8 horsepower/ton
Ketebalan armor : 62 mm
Persenjataan utama : 75 mm high-velocity gun

Pertama kali diproduksi pada tahun 1942. Tank ini kurang berpotensi dalam hal kekuatan senjatanya dan pertahanannya (armor). Mesin yang digunakannya terbilang efisien dan dapat diandalkan, yang membuatnya berpotensi dalam hal mobilitasnya. Namun yang membuat tank ini berbeda dari tank lainnya adalah kemudahan dalam memproduksinya. 48.000 unit M-4 Sherman diproduksi hanya dalam waktu 3 tahun (43 TANK / HARI!).


9. MERKAVA (ISRAEL)

Spoiler for Merkava mengeluarkan kamuflase asap saat latihan di dataran tinggi Golan:

Top Speed : 54,7 km/h
Jangkauan gerak : 498 km
Mesin : Teledyne Turbo-Charged Diesel engine
Rasio kekuatan-bobot : 14,28 horsepower/ton
Ketebalan armor : dirahasiakan
Persenjataan utama : 120 mm gun

Pertama kali diproduksi pada tahun 1977. Armor tank ini hampir tanpa celah, dan itulah yang membuatnya memiliki pertahanan tertinggi dibanding tank lainnya. Akan tetapi ketebalan armor yang sempurna ini mengakibatkan kecepatannya dibawah rata-rata, sehingga mobilitas tank ini sangat rendah. Merkava sangat kompleks dan merupakan tank yang mahal, sehingga produksinya pun sedikit. Bagaimanapun juga, tank ini telah membuktikan efektivitasnya di arena pertempuran, kekuatan persenjataan yang tidak diragukan dan ketakutan yang dapat ditimbulkan oleh tank ini berhasil menempatkannya di peringkat 9.


8. T-54/55 (USSR)

Spoiler for Salah satu T-55 milik Saddam Husssein yang terkena tembakan tentara Koalisi saat Perang Teluk I berlangsung:

Top Speed : 48,27 km/h
Jangkauan gerak : 402,25 km
Mesin : V-12 Water-Cooled Diesel engine
Rasio kekuatan-bobot : 14,44 horsepower/ton
Ketebalan armor : 203 mm
Persenjataan utama : 100 mm D10T gun

Pertama kali dibuat pada tahun 1948. T-54/55 memiliki kemampuan rata-rata tank dalam hal kekuatan senjata, mobilitas, dan pertahanan. Tank ini memiliki jumlah produksi tertinggi, yaitu 95.000 unit. Meskipun demikian, keangkeran yang ditimbulkan dari tank ini masih dibawah rata-rata, yang perlu ditakutkan dari tank ini hanyalah jumlahnya yang massal.


7. CHALLENGER (UK)

Spoiler for Sebuah Challenger bergerak melewati jalan berdebu saat latihan di Oman, 2001:

Top Speed : 59,53 km/h
Jangkauan gerak : 547,06 km
Mesin : Condor V-12 engine
Rasio kekuatan-bobot : 19,2 horsepower/ton
Ketebalan armor : dirahasiakan
Persenjataan utama : 120 mm riffled gun

Pertama kali dibuat pada tahun 1982. Tank ini memiliki nilai tinggi dalam pertahanan kelas dunianya dan kekuatan senjata maksimum, 120 mm gun merupakan suatu pemecah rekor. Kelemahannya ada pada mobilitas dan jumlah produksinya yang sedikit. Ketakutan yang dapat ditimbulkan oleh tank ini juga tidak cukup untuk membuat musuh gentar.


6. MK IV PANZER (GER)

Spoiler for Konvoi Panzer IV bergerak di sebuah kota di Prancis selama pendudukan Jerman di Vichy, Prancis, akhir 1942:

Top Speed : 39,90 km/h
Jangkauan gerak : 209,17 km
Mesin : Maybach V-12 Gasoline engine
Rasio kekuatan-bobot : 10,6 horsepower/ton
Ketebalan armor : 50 mm
Persenjataan utama : 75 mm gun

Pertama kali dibuat pada tahun 1937. Tank ini memiliki nilai rata-rata pada mobilitasnya, dan cukup baik dalam hal kekuatan senjata dan pertahanannya. Akan tetapi tank ini merupakan mesin yang kompleks dan terdisain sangat rumit, seperti tank-tank Jerman lainnya, tank ini tidak mudah untuk diproduksi secara massal. Kesan menakutkan yang ditimbulkan tank ini sangat besar, pada masa awal PD I, tank ini tidak dapat ditlakukkan.


5. CENTURION (UK)

Spoiler for Centurion yang baru diproduksi keluar dari gudang persenjataan berat di Leeds, 1950:

Top Speed : 35,39 km/h
Jangkauan gerak : 193,08 km
Mesin : Meteor V-12 Gasoline engine
Rasio kekuatan-bobot : 12,54 horsepower/ton
Ketebalan armor : 17-152 mm
Persenjataan utama : 105 mm gun

Pertama kali dibuat pada tahun 1945. Walaupun memiliki kemampuan rata-rata dalam hal mobilitasnya, tank ini memiliki kekuatan senjata yang tinggi. Begitu juga dengan armor yang dimilikinya, sehingga membuat tank buatan Inggris ini memiliki skor hampir maksimum dalam kategori ini. Selain itu, tank ini diproduksi dalam jumlah yang cukup besar karena rancangannya yang simple.


4. WW I TANK (UK)

Spoiler for WW I Tank saat terjebak di parit perlindungan tentara Inggris:

Top Speed : 6,43 km/h
Jangkauan gerak : 35,39 km
Mesin : Daimler Six-Cylinder engine
Rasio kekuatan-bobot : 3,3 horsepower/ton
Ketebalan armor : 6-12 mm
Persenjataan utama : dua 6-pounder gun

Pertama kali dibuat pada tahun 1917. Tank ini memang memiliki armor yang tipis, akan tetapi tank ini merupakan satu-satunya kendaraan zirah yang pernah ada, dan memiliki mobilitas dan kekuatan senjata yang cukup tinggi. Akan tetapi, tank ini merupakan produk berteknologi tinggi pada zamannya sehingga diproduksi tidak dalam jumlah besar. Sebaliknya, ketakutan yang ditimbulkan kendaraan ini sangat besar, belum pernah ada yang menyaingi rasa takut yang ditimbulkannya pada pihak musuh, sehingga menempatkannya di posisi ke-empat.


3. TIGER (GER)

Spoiler for Bagian depan Tiger yang luar biasa merupakan salah satu gambar yang dicantumkan dalam portofolio fotografi yang diproduksi oleh Komando Tinggi Jerman, 1942, untuk memperindah koleksi persenjataan mereka:

Top Speed : 37 km/h
Jangkauan gerak : 194,68 km
Mesin : Maybach engine
Rasio kekuatan-bobot : 12,3 horsepower/ton
Ketebalan armor : 100 mm
Persenjataan utama : 88 mm gun

Pertama kali dibuat pada tahun 1942. Tank ini memiliki nilai paling tinggi dalamhal kekuatan senjatanya, 88 mm yang dimilikinya merupakan monster pada masanya. Armor-nya mencetak skor hampir maksimum. Tiger merupakan tank yang berat, tetapi memiliki kecepatan yang cukup memadai. Jumlah produksinya yang sangat rendah mengakibatkan nilainya hampir nol, bagaimanapun juga, ketakutan yang dapat ditimbulkan tank ini sangat besar, bahkan namanya sengaja dibuat untuk menimbulkan efek psikologis khusus dipihak musuh.


2. M-1 ABRAMS (US)

Spoiler for Sebuah M-1 Abrams melewati gundukan pasir di utara Kuwait saat latihan tembak, 4 bulan sebelum Operasi Pembebasan Irak:

Top Speed : 67,57 km/h
Jangkauan gerak : 465 km
Mesin : Textron AGT 1500 Gas Turbine engine
Rasio kekuatan-bobot : 26,64 horsepower/ton
Ketebalan armor : dirahasiakan
Persenjataan utama : 120 mm M256 gun

Pertama kali dibuat pada tahun 1983. Abrams meraih nilai penuh dalam hal kekuatan senjata dan pertahanan, salah satu tandingan tank manapun yang ada saat ini. Mesinnya yang mengonsumsi gas mengakibatkan rendahnya mobilitas, walaupun terbilang masih diatas rata-rata. Skor rendah lainnya ada pada tingkat produksinya, tank ini merupakan tank monster yang komplek, mahal, dan sulit bagi para teknisinya. Sebagai salah satu tank terkuat yang ada saat ini, tank ini memiliki pengaruh yang tinggi pada psikologis musuh, sehingga nilai penuh diperoleh dalam kategori fear-factor.


1. T-34 (USSR)

Spoiler for Parade T-34 milik tentara Kuba di daerah Havana, Januari 1961. Tiga bulan kemudian tank ini memgang peranan kunci dalam memberikan kemenangan terhadap invasi A.S. di Teluk Babi:

Top Speed : 54,7 km/h
Jangkauan gerak : 431,2 km
Mesin : Four-Stroke Cylinder Desel engine
Rasio kekuatan-bobot : 15,87 horsepower/ton
Ketebalan armor : 65 mm
Persenjataan utama : 76,2 mm gun

Pertama kali dibuat pada tahun 1940. Mencetak nilai hampir maksimal dalam kategori kekuatan senjatanya, mobilitas, dan pertahanannya. Melebihi tank-tank lain dalm tingkat produksi, meraih nilai penuh disini. Ketakutan yang dapat ditimbulkan oleh tank ini juga tidak diragukan lagi, membuatnya memiliki skor hampir maksimum.

sumber: military channel, discovery channel

BONUS:

Spoiler for M-4 SHERMAN skema:

Spoiler for M-4 SHERMAN skema2:

Spoiler for M-4 SHERMAN in action:

Spoiler for MERKAVA skema:

Spoiler for T-55 MODIFIKASI:

Spoiler for CHALLENGER skema:

Spoiler for PANZER:

Spoiler for PANZER varian:

Spoiler for CENTURION view from d top:

Spoiler for WW I TANK in museum:

Spoiler for TIGER vulnerability:

Spoiler for TIGER:

Spoiler for M-1 ABRAMS skema:

Spoiler for M-1 ABRAMS skema2:

Spoiler for T-34 in battlefield:

Spoiler for T-34 in battlefield2:

Category: ,  
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response.
0 Responses