Assasin Creed: Game Barat dgn konstruksi berpikir Timur (namun tetap barat)

elite-assassin.jpg

Assasin Creed adalah sebuah game yang menceritakan sejarah perang salib di Jerusalem. Secara umum Game ini mengisahkan adegan pembunuhan yang heroik. Pendapat saya pribadi game ini menarik karena mengkonstruksi para audience nya, untuk berpikir bhw pihak timur dlm perang salib (beberapa orang menyebutnya teroris) ternyata tidak sejahat yg dikira. Dalam game ini diceritakan Ksatria Templar (Salah satu Ordo waktu itu di Vatikan) digambarkan sbg pihak jahat. Ada tokoh penting sejarah di game tsb spt: King Richard dan Salahudin serta Robert.

Game ini dibuat oleh kaum Barat (maaf menyebutnya kaum) yakni Ubifost (Perancis) yang tentunya ikut andil dalam sejarah penjang dalam perang salib jika dipikir-pikir. Templar dulu berkembang pesat di Paris. Namun yang menjadi catatan saya adalah pemakaian nama Al-Tair sebagai sosok utama dalam game, dengan nama Altair (tanpa tanda”-”). Hal ini terdengar sangat barat sekali ‘Altair’ (seolah mengucap kata altar). Kenapa Ubisoft tidak mengunakan ejaan Al-Tair atau Al-Tahir yang lebih merefleksikan nama dalam budaya Timur saja ? Padahal dalam game jelas-jelas jika didengar penyebutan namanya adalah (denger:Al..Tayir). Beberapa Templar dalam game tersebut pun memanggilnya All (all nya lama…) Tair ( terdengar seperti Tayir..) jadi jika ditulis Al-Tair..=> Lebih merefleksikan timur tengah kan ? Jadi ini adalah Game Barat yang mengajak pemain untuk berpikir Timur (sudut pandang si Altair) namun sebenarnya tetap Barat karena namanya Altair (mengacu pengucapan barat) bukan Al-Tair (middle east bgt kan…)

Tapi kenapa dalam penulisan di beberapa media, mereka menyebutnya Altair ? Apakah ada upaya dari blok-blok barat agar seolah-olah pelavalan barat tetap digdaya di game ini melebihi pelavalan timur ? Apakah jika dilihat dari teori-teori kritis media massa, hal ini sama seperti “Disney yang merupakan propaganda media Amerika”. Ingat mengapa Aladin digambarkan sebagai seorang berkulit putih, sementara Jasmine bener-bener Ori berkulit kecoklatan. Atau suara Hyena dalam Lion king, seolah adalah ras Hispanic yang berandal. Jika hal ini benar maka tak ubahnya Assasin Creed adalah game yang RASIS !!! Dan saya berharap semoga ni hanya kebetulan saja. Ubisoft - Perancis - Templar … Who knows…??? but whatever lah… stop talking about this…

Yang tak kalah menariknya dari game ini, produsernya ternyata adalah sosok wanita cantik bernama Jade Raymond http://www.youtube.com/watch?v=tYxb_m97A…). Sangat jauh dari kesan sadis dalam game tersebut. Menurut hemat saya game ini adalah game barat dgn konstruksi berpikir Timur namun tetap barat. Lha…..bingung to…..untuk lebih jelasnya mainin aja sendiri stlh baca review dibawah ini:

Game ini menempatkan pemain untuk berpikir dalam konstruksi Timur. Assasin Creed bercerita tentang seorang assasin (pembunuh) bernama Altair, anggota hashshashin, persaudaraan assasin(buset!!pembunuh aja ada perkumpulanya!). Perkumpulan ini bersekutu dengan satu pihak pada masa perang salib. Tugas altair disini adalah untuk membunuh sembilan tokoh musuh. ya, Ubisoft mengklaim bahwa sembilan tokoh tersebut benar benar ada pada sejarah dan menghilang atau terbunuh sekitar tahun 1911, meskipun penyebabnya bukan karena assasination(perlu diketaui bahwa Ubisoft selaku pengembang menyatakan bahwa cerita Assasin Creed didasarkan pada kejadian sebenarnya). Setting game ini adalah The Holy Land, termasuk Jerussalem, Acre, Damaskus, dan Masyaf. Menurut sejarah, Assasin tidak pernah membunuh dari jarak jauh. karena itu, Altair hanya dipersenjatai pedang assasin untuk pertarungan biasa, pisau lempar, dan pusau kecil. Untuk pembunuhan (assasination), Altair menggunakan pisau yang tersembunyi ditangan kirinya.

Awal mula permainan ini, settingnya adalah tahun 2012, pemain mengendalikan tokoh bernama Desmond Miles, seorang bartender yang diculik sekelompok orang misterius untuk percobaan mesin terbarunya. Mesin ini bernama Animus, yang bisa melihat memori dari DNA pemakainya dan merepresentasikanya seolah olah ada pada kejadian tersebut. Pada kasus ini, Desmond Miles dipilih karena dia adalah keturunan langsung dari Altair tadi. Kesanya disini ada game dalam game. jadi kita bisa mengendalikan Desmond Miles dan masuk Animus dan bermain sebagai Altair, keren banget!

Berhubung masi maen n belum tamat, critanya cukup sekian ya…..

Waktu maen ini, awal2nya si mirip ma Prince Of Persia, tapi disini yang dipentingkan adalah scene “assasination”nya. Jadi pada saat pembunuhan tersebut terjadi, waktu akan diperlambat, pengambilan kamera sedramatis mungkin dan %!@!, pembunuhan pun terjadi. adeganya dibuat sedramatis mungkin. Yang patut dipuji disini adalah kesan sadis yang dapat diminimalisir. Memang disinilah letak inti kekuatan dari game ini. Oya, ada satu lagi yang keren abis, waktu udah selese ngebunuh, si altair ini menutup mata korbannya dan membungkuk memberi hormat!pembunuh terkeren yang pernah kulihat!hahaha..

Males sebenernya kalo ngomongin grafik, gak perlu diomongin juga udah keren abis, maklum PS3 bos! efek bluring,kabut,ledakan, sampai “eagle eye” mendekati sempurna. Tapiiii,,grafik sekeren ini harus dibayar mahal oleh pengguna PC. Kalo VGAnya R9xxx ato malah onboard ya lewat man!gak akan bisa jalan. Butuh VGA 256, yang punya Pixel Shader diatas v.3(sial!) dan mendukung dirctX 10 (vista) dan 9.0(XP). Ni spesifikasi minimum berdasarkan Ubisoft:
- CPU: Intel Pentium D (2.6 GHz)/ AMD Athlon 64 X2 3800+ (Dual core)
- System Ram: 1 GB
- Operating System: Windows XP / Vista
- Drive Type: DVD Drive
- Free Disk Space: 12 GB
- Video Card: 256 MB DirectX 10.0 Graphics Card or
DirectX 9.0–compliant card with Shader Model 3.0 or high
- Video Card Features:
- -Video Ram: 256 MB
- -Video Card 3D Acceleration: Required
- -Video HW Transform & Lighting: Required
- -Vertex Shader Ver: Required - 3.0
- -Pixel Shader Ver: Required - 3.0

Spesifikasi diatas adalah minimum, kalo pengen game lancar jaya tanpa ada hambatan, at least kudu:
- CPU: AMD Athlon 64 X2 4400+ / Intel Core 2 Duo 2.2 GHz
- System Ram: 2 GB
- Operating System: Windows XP / Vista
- Drive Type: DVD Drive
- Free Disk Space: 12 GB
- Video Card: 512 MB DirectX 10.0–compliant video card or
DirectX 9.0–compliant card with Shader Model 3.0 or high
- Video Card Features:
- -Video Ram: 512 MB
- -Video Card 3D Acceleration: Required
- -Video HW Transform & Lighting: Required
- -Vertex Shader Ver: Required - 3.0
- -Pixel Shader Ver: Required - 3.0

Category:  
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response.
0 Responses