Kebiasaan Merusak Tidur

Tidur

VIVAnews - Tidur Anda bermasalah? Mungkin karena Anda memiliki kebiasaan tertentu yang membuat tidur menjadi tidak berkualitas. Tentu hal tersebut tidak bisa dibiarkan. Karena, tidur yang tidak berkualitas bisa menggangu kesehatan.

Berikut lima kebiasaan yang bisa merusak tidur Anda.

1. Bergadang saat akhir pekan

Jam tidur bukan hanya untuk anak kecil. Anda pun juga. Taati jadwal tidur Anda agar memiliki ritme sama setiap harinya, tak terkecuali saat akhir pekan. Sebab, tubuh bereaksi secara rutin. Jika jam tidur Anda rusak atau berantakan pada akhir pekan, maka butuh waktu penyesuaian pada esok harinya. Kondisi ini juga memicu Anda sulit tidur nyenyak.

2. Membaca buku sebelum tidur

Kebiasaan membaca buku sebelum tidur banyak dilakukan. Kebiasaan ini bisa menimbulkan masalah karena tubuh selalu butuh penyesuaian dengan rutinitas itu. Kebiasaan itu seringkali membuat Anda tidak merasa mengantuk sebelum menyelesaikan beberapa bab. Akibatnya, jam tidur Anda berkurang.

Lebih baik, bacalah buku di waktu luang, bukan mengambil waktu tidur Anda. Bacalah buku di sofa yang nyaman dengan penerangan cukup. Hindari membacanya di tempat tidur.

3. Berinternet pada malam hari

Cahaya dari layar komputer merangsang otak untuk bekerja. Dan, saat di depan komputer, Anda akan sulit menahan hasrat untuk memainkannya. Bahkan, Anda akan cenderung mengabaikan atau melupakan rasa kantuk yang mendera. Anda cenderung membiarkan mata lelah untuk bekerja. Untuk itu, hindari berinternet hingga larut malam.

4. Tidur dalam keadaan kotor

Membersihkan diri sebelum tidur adalah hal yang sangat penting. Saat tubuh kotor, Anda akan cenderung merasa gatal dan lengket. Hal itu membuat tidur menjadi tidak nyenyak. Jadi, selalu bersihkan diri sebelum tidur. Jangan lupa untuk selalu membersihkan kasur dan peralatan tidur Anda.

Category:  
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response.
0 Responses