Mengintip Para Arsitek Aplikasi Foto Facebook

Jika kita perhatikan, facebook sebenarnya terdiri dari aplikasi-aplikasi yang terpisah, seperti aplikasi foto, news feed, events, notes, marketplace dan aplikasi-aplikasi pihak ketiga lainnya. Contoh aplikasi pihak ketiga misalnya kuis-kuis yang biasa kita ikuti (seberapa pintarkah kamu, bagaimanakah karaktermu), dan games-games lain seperti mobwars, dsb.

Namun kita hanya akan membahas satu aplikasi facebook saat ini, yaitu aplikasi foto facebook. Dengan aplikasi ini kita dapat berbagi foto dengan menguploadnya. Bahkan kelebihan aplikasi ini adalah kita dapat men-tag siapa saja yang ada di foto tersebut. Aplikasi yang sangat jenius!

Menurut facebook sekitar 40.000.000 rata-rata diupload per jamnya. Namun tahukah anda hanya kurang dari 10 orang developer yang menangani aplikasi ini. Ini memang pantas mengingat jumlah karyawan facebook yang hanya berjumlah 900 orang, dibanding dengan perusahaan lain seperti google atau microsoft yang berjumlah 20.000 dan 90.000 orang.

Tepuk tangan untuk para developer ini yang mampu membuat dan mengembangkan aplikasi secanggih itu dalam jumlah tim yang sedikit namun digunakan jutaan orang per jamnya.

Sumber: facebook http://www.facebook.com/video/video.php?v=183757000483&ref=mf

Tags:

Category:  
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response.
0 Responses