camera infra red terbaru buatan NASA

Sebagian besar cahaya dari bintang-bintang dan objek lain seperti planet-planet di alam semesta adalah dua kali lipat tidak terlihat. Datang dalam bentuk inframerah, atau panas radiasi, dengan panjang gelombang yang terlalu panjang untuk mata kita untuk menjemput. Selain itu, sebagian besar tidak panjang gelombang inframerah menembus atmosfer Bumi untuk mendapatkan pandangan kosong kita mata.

Jadi, untuk mengambil persediaan yang tepat kosmik shenanigans, astronom harus dibawa ke ruang angkasa. Pada hari Jumat, mereka akan mendapatkan sedikit lebih membantu ketika National Aeronautics and Space Administration dijadwalkan untuk memulai Wide-field Infrared Survey Explorer, atau WISE, ke orbit dari Vandenberg Air Force Base di California sedini 9:09, Timur waktu.

Mengitari Bumi dalam orbit kutub 300 mil tinggi, pesawat ruang angkasa, dilengkapi dengan 16-inci teleskop dan detektor inframerah, akan memotret seluruh langit setiap enam bulan.

WISE adalah penerus Satelit Astronomi Inframerah, atau IRA, yang diluncurkan pada tahun 1983 dan membuat peta panas pertama dari langit. Dan itu adalah perintis bagi raksasa James Webb Space Telescope jatuh tempo pada 2014.

Namun, sementara itu IRA 62 piksel dalam kamera, WISE memiliki 4 juta, kata Edward L. Wright dari University of California, Los Angeles, penyelidik utama untuk pesawat ruang angkasa. Akibatnya, WISE akan ratusan kali lebih sensitif sebagai pendahulunya dan mampu survei yang jauh lebih besar volume ruang.

Dr Wright mengatakan ia dan rekan-rekannya diperkirakan akan melihat jutaan sumber-sumber inframerah baru, termasuk ultraluminous galaksi bintang-bintang yang berkembang biak di dalam kafan deras debu, dan seribu dari hampir-bintang dingin yang dikenal sebagai brown dwarf, yang lebih besar dari Jupiter namun terlalu kecil untuk memicu reaksi termonuklir.

"Kita harus mencari tahu berapa banyak tua, cokelat dingin kurcaci di luar sana," kata Dr Wright.

Sasaran utama yang lain termasuk asteroid, terutama apa yang disebut dekat-Bumi benda yang mungkin suatu hari menimbulkan ancaman bagi peradaban. WISE astronom yang berharap untuk mengukur diameter dari ratusan ribu asteroid untuk mendapatkan pengertian yang lebih baik dari betapa berbahayanya mereka.

Dr Wright mengatakan proyek sudah hampir 12 tahun dalam pembuatan dan biaya $ 320 juta, termasuk operasi dan peluncuran.

"Apa yang kami lakukan adalah berharap menemukan objek yang paling menarik untuk generasi mendatang teleskop untuk melihat," katanya.

"Jika kita tidak menemukan sesuatu yang sama sekali tak terduga," ia menambahkan, "Saya akan terkejut."



sumbernya :http://www.nytimes.com/2009/12/08/science/space/08wise.html?_r=1&ref=science

Category: ,  
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response.
0 Responses